Mobil Otonom Volkswagen ID Dirilis September Share this
Mobil Baru
Mode baca

Mobil Otonom Volkswagen ID Dirilis September

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 19 Maret 2019

WOLFSBURG — Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) yang akan dihelat 12 September 2019 akan menjadi arena kemunculan perdana mobil otonom Volkswagen (VW) ID. 

Rumor mengenai kehadiran mobil ini, khususnya di Eropa semakin santer. Ajang IAA di Frankfurt, Jerman itu pun disebut-sebut menjadi panggungnya nanti. Tidak hanya itu, VW malah akan lebih dulu membuka keran pemesanan dari Volkswagen ID ini pada Mei 2019. 

Tak hanya itu, harga jualnya pun kian diperjelas. Seperti dikutip dari Formulapassion.it, Jürgen Stackmann, Head of Marketing VW Group menyebutkan harga VW ID di bawah $ 30,0000 atau sekitar Rp 426 jutaan. Namun, kejelasannya baru bisa terlihat pada perhelatan IAA 2019. 

Selain itu, VW ID juga bakal diklaim mampu mengajak pemiliknya berjalan sejauh 550 km. Sementara sistem pengisian baterainya dilakukan secara on-board dan memiliki tenaga 167,6 hp. Kabarnya, ada varian lain yang juga tersaji pada VW ID ini nantinya. 

Seperti diketahui pula, hingga saat ini VW meang tengah gencar menyiapkan berbagai infrastruktur terkait pengadaan charging station. Selain di Jerman, VW juga sudah mencanangkan pengadaan lokasi pengisian ulang ini di tempat umum. Misalnya saja di Verona, Italia di mana VW akan memasangnya di tiang lampu penerangan jalan.

Hal ini sekaligus mempertegas langkah VW Group yang bertekad menjual 70 model mobil listrik di dunia dalam kurun waktu 10 tahun ke depan. Apalagi, mereka sudah berkomitmen untuk menciptakan keseimbangan C02-netral melalui penandatanganan program dekarbonisasi komprehensif. Targetnya, pada 2025 mendatang mengurangi jejak CO2 dari kendaraan-kendaraan sebesar 30 persen di seluruh siklus hidup dibandingkan dengan tahun 2015. [Ary/Idr]


Komentar