Kebiasaan Sepele Ini yang Bikin Indikator Check Engine Yamaha Nmax Menyala Share this
Tips
Mode baca

Kebiasaan Sepele Ini yang Bikin Indikator Check Engine Yamaha Nmax Menyala

Adi Hidayat
pada 04 Februari 2020

JAKARTA – Pengguna all-new Yamaha Nmax seakan diajak oleh Yamaha agar memperlakukan motor sebagai mana seharusnya.

Pasalnya, indikator check engine all-new Yamaha Nmax bisa menyala bila pengendara mematikan mesin dengan cara yang salah seperti menggunakan side stand atau standar samping. Padahal, untuk mematikan mesin motor seharusnya tetap harus menggunakan main switch.

<related> Hal tersebut disampaikan oleh M Abidin, General Manager Aftersales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Ia mengungkapkan bahwa tindakan tersebut bisa dibaca oleh ECU sebagai adanya malfunction sehingga membuat indikator menyala. Namun kondisi tersebut tidak membahayakan dan motor tetap bisa digunakan.

“Itu masalah yang sebenarnya sederhana, namun untuk perbaikannya memang harus tetap ke bengkel resmi. Di sana ada alat yang memperlihatkan apa kerusakannya. Dalam kasus ini, perbaikan pun cukup mudah,” ungkapnya.

Perbaikan yang dilakukan hanyalah dengan menyambungkan alat Yamaha Diagnostic Tools (YDT) ke motor dan laptop. Dari sana teknisi akan melihat kerusakannya melalui kode yang tampil di laptop. Bila keluar kode P0335 maka artinya ada gangguan pada Crankshaft Position Sensor (CPS). Untuk mengatasinya, teknisi cukup menghapus data tersebut dan lampu indicator akan mati.

“Sementara ini kami sudah terima laporannya dan akan menjadi bahan evaluasi. Namun bila menemukan kejadian serupa, tidak perlu khawatir, datang saja ke bengkel untuk melakukan penghapusan. Kami juga sudah coba dengan membawa motor dengan jarak jauh dan tidak ada masalah,” terang Ridwan Arifin, Service Education YIMM.

Perbaikan yang dilakukan tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar lima hingga 10 menit saja dan motor bisa langsung digunakan kembali. Pemilik kendaraan tidak akan dikenakan biaya untuk perbaikan ini. Untuk menghindari terjadinya kerusakan yang sama, maka pengemudi motor all-new Yamaha Nmax sebaiknya mematikan mesin menggunakan main switch. [Adi/Ari]


Komentar