Ini Keunggulan Ban Motor Bebek Pirelli Diablo Rosso Corsa II Share this
Balap Lain
Mode baca

Ini Keunggulan Ban Motor Bebek Pirelli Diablo Rosso Corsa II

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 15 Februari 2018

JAKARTA - Salah satu keunggulan Pirelli Diablo Rosso Corsa II adalah mengedepankan teknologi mono-compound 100% carbon black yang diturunkan dari ban untuk kejuaraan dunia, World Superbike (WSBK).

Ban tersebut akan diterjunkan oleh PT Astra Otoparts dan Pirelli untuk menjadi andalan para pembalap motor bebek (underbone) yang berlaga di  Motorprix 2018.

Ini merupakan hal baru bagi Pirelli karena ingin bermain di ban balap motor bebek. Tapi, tidak menghalangi mereka untuk menelurkan ban terbaik dengan standar dunia.

"Partner kami, Pirelli, sudah menjadi sponsor di berbagai kejuaraan balap internasional. Kami juga bertanggung jawab membawa brand Pirelli bersaing di Indonesia," kata Yusak Kristian, Direktur PT Astra Otoparts di sela acara pengumuman Pirelli sebagai salah satu ban wajib Motorprix 2018 di Jakarta Selatan, hari ini (15/2/2018).

PT Astra Otoparts dan Pirelli  butuh setahun meriset sampai akhirnya bisa memproduksi Pirelli Diablo Rosso Corsa II. Ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan kedua pihak, utamanya Pirelli sebelum ban ini dirilis.

"Sejak pertama kali Pirelli hadir di Indonesia dan memproduksi ban Pirelli pada 2015, kami harus melihat potensinya seperti apa. Makanya, kami melakukan riset selama setahun untuk mengembangkan Diablo Rosso Corsa II," sahut Marco Elli, President Director PT Evoluzione Tyre (pabrik join venture Astra Otoparts dan Pirelli di Subang, Jawa Barat).

Hasilnya, Pirelli Diablo Rosso Corsa II pun mendapat sambutan positif dari para pembalap. Salah satunya adalah Rafid Topan Sucipto yang sudah mencobanya langsung di Sirkuit Sentul Karting, Bogor, Jawa Barat.

Saat menguji Pirelli Diablo Rosso Corsa II di Sirkuit Sentul Kecil, Rafid Topan mencatat waktu 55-56 detik.

"Waktu itu saya mencobanya dan di berbagai kondisi cuaca. Saya juga mengujinya dengan cara melakukan hard braking sampai rolling speed. Performanya tetap baik dan waktu saya konstan di 55-56 detik. Menurut saya, ban ini sudah mampu untuk turun di balapan underbone nasional," terang Topan.

Untuk saat ini, Pirelli Diablo Rosso Corsa II baru punya satu ukuran yaitu 80/90-17. Keunggulan yang dimilikinya adalah sebagai beikut:

1. Top Sport Handling : Sebagai hasil dari penggabungan profil dan struktur ban Supersport, menghasilkan profil lebih tajam sehingga memberikan distribusi tenaga yang optimal, baik dalam kondisi lurus maupun cornering. Selain itu, dengan teknologi multi-radiusnya memungkinkan untuk pengubahan posisi yang cepat.

2. Excelent grip : Dengan mengunakan teknologi mono-compound 100% carbon black yang diturunkan dari ban World Superbike, ban ini mampu memberikan peforma maksimal dalam berbagai kondisi temperatur dan permukaan lintasan.

3. Performa konsisten : Diablo Rosso Corsa II memberikan daya cengkeram konsisten sepanjang pemakaian, baik dalam kondisi basah maupun kering. Slick area yang lebar pada bagian shoulder juga memberikan daya cengkeram maksimal dengan kestabilan  tinggi ketika melakukan cornering. [Ary/Idr]


Komentar