Astra Otoparts Boyong Ban Berteknologi Balap Dunia ke Motorprix 2018 Share this
Balap Lain
Mode baca

Astra Otoparts Boyong Ban Berteknologi Balap Dunia ke Motorprix 2018

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 15 Februari 2018

JAKARTA - Para pembalap motor bebek di Motoprix 2018 kini bisa memilih ban Pirelli Diablo Rosso Corsa II karena Pirelli melalui distributornya di Indonesia, PT Astra Otoparts, telah resmi menjadi official tyre.

"Ini pertama kalinya bagi Astra Otoparts masuk sebagai sponsor di Motorprix dan kami bangga," buka Yusak Kristian, Direktur PT Astra Otoparts saat konferensi pers di Jakarta Selatan, hari ini (15/2/2018).

Lebih lanjut, Yusak memaparkan alasan Astra Otoparts untuk bermain di balap nasional adalah karena mereka membawa keunggulan yang dimiliki oleh Pirelli.

"Kenapa kami masuk, karena kami punya partner Pirelli yang memiliki teknologi luar biasa. Kami berani karena punya partner yang handal di bidangnya," terang Yusak lagi.

Sebagai informasi PT Astra Otoparts dan Pirelli membentuk perusahaan patungan (join venture) PT Evoluzione Tyre untuk memproduksi ban-ban Pirelli dengan fasilitas produksi di Subang, Jawa Barat. Pirelli yang notabene bermarkas di Milan, Italia juga menempatkan para peracik ban handal mereka di Indonesia.

Alessandro Manzani, Technical Manager PT Evoluzione Tyre mengatakan keseriusan mereka selanjutkan terlihat dari bagaimana Diablo Rosso Corsa II digarap. Butuh waktu setahun bagi Pirelli untuk bisa membuat ban yang sesuai dengan karakter di Indonesia.

"Pirelli Diablo Rosso Corsa II adalah produk terbaru dari keluarga Diablo Rosso. Kami juga menerapkan teknologi Diablo Rosso dan Super Corsa pada Diablo Rosso Corsa II," ungkap Alessandro.

Pirelli Diablo Rosso Corsa II ban Resmi Motorprix 2018 Pirelli Diablo Rosso Corsa II ukuran 80/90-17 akan dipakai pembalap di Motorprix 2018.

Meskipun profil Pirelli Diablo Rosso Corsa II seperti ban intermediate, Alessandro meyakini ban ini mumpuni menghadapi berbagai trek dan kondisi yang ada.

"Kami sudah melakukan tes di beberapa sirkuit dan hasilnya baik. Begitu juga saat kondisi hujan dan tentu saja di aspal kering," sahut Alessandro yang mendesain Diablo Rosso Corsa II dan ban Pirelli lainnya.

Pada intinya, Alessandro mengatakan keunggulan dari sebuah ban itu bukan hanya terletak pada satu bagian saja. Dia menegaskan bahwa itu merupakan satu paket.

"Bukan hanya soal kompon, tapi performa ban itu didukung oleh satu paket yaitu kompon, profil dan konstruksi," lanjutnya.

Dengan keberadaan Pirelli di balap nasional ini Astra Otoparts berharap ban mereka bisa menjadi pilihan tim dan pembalap Tanah Air.

Ban berjenis cross-ply yang menjadi salah satu ban resmi Motorprix 2018 ini tersedia dalam ukuran 80/90-17.

Panggung pertama ban buatan Subang ini akan berlangsung di seri pembuka Motorprix di Sirkuit Sidrap, Makassar di bulan Februari 2018. [Ary/Idr]


Komentar