Pantau Kondisi Mesin All New Yamaha NMax dengan Aplikasi My Yamaha Share this

Pantau Kondisi Mesin All New Yamaha NMax dengan Aplikasi My Yamaha

Insan Akbar
pada 02 Desember 2019

JAKARTA – All-New Yamaha Nmax kini terkoneksi dengan smartphone melalui aplikasi My Yamaha dan punya berbagai kemampuan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Nmax generasi kedua mengaspal di Indonesia pada Senin (2/12/2019) dengan kisaran harga Rp 30 juta untuk dua varian yang tersedia. Generasi termutakhir skuter matik (skutik) touring ini dibuat dengan konsep ‘Connected’ atau terkoneksi.

Varian teratas, All-New Nmax Connected/ABS, dilengkapi teknologi Communication Control Unit (CCU) yang terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) via Bluetooth. Yamaha mengklaimnya sebagai motor rakitan Indonesia pertama yang terkoneksi smartphone.

Sebelumnya, teknologi ini baru ada di motor-motor impor unit utuh (Completely Built Up/CBU), khususnya yang berbanderol mahal seperti BMW C400. Ada pula motor Taiwan berbanderol relatif terjangkau yakni Kymco Like 150i.

"Pemilik tinggal mengunduh aplikasi My Yamaha secara gratis ke smartphone dan selanjutnya bisa memantau kondisi motor di sana," jelas Dyonisius Beti, Vice Presiden Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Berdasarkan data yang diberikan Yamaha, CCU plus Y-Connect punya lima kemampuan. Pertama, fitur ini akan menyimpan lokasi parkir motor atau lokasi terakhir saat koneksi dengan aplikasi tersebut terputus.

Kedua, CCU serta Y-Connect bisa disetel agar memberikan notifikasi di layar Multi Information Display (MID) jika ada panggilan atau pesan di smartphone. Ketiga adalah memberitahu kondisi oli mesin maupun voltase aki, juga memberikan rekomendasi perawatan seperti pada mobil-mobil premium.

Keempat, sistem mampu membantu pengguna menganalisa pemakaian bahan bakar saat berkendara. Terakhir, CCU plus Y-Connect akan memberikan notifikasi melalui surel jika terjadi malfungsi atau masalah pada motor.

Fitur canggih ini ditemani fitur lain yaitu Smart Keyless System, Traction Control System (TCS), Dual Channel ABS.

Multi Information Display (MID) pada varian termewah menampilkan Y-Connect, pesan, telepon, TCS. Untuk tipe standar, yang ditampilkan adalah kinerja VVA dan temperatur mesin.

Mesin 155 cc Blue Core Variable Valve Actuation (VVA) plus Start/Stop System dan Smart Motor Generator (SMG) pada Nmax generasi kedua juga baru. Pembaruan antara lain terdapat di desain cleaner box, kepala silinder, katup intake, serta desain ruang bakar dengan piston milik YZF-R15.

Bodi All-New Nmax dirancang dengan desain rangka baru yang berkontribusi meningkatkan kualitas dan kenyamanan berkendara. Hal ini pun mengoptimalisasi fungsi suspensi depan dan belakang. Chassis yang didesain rigid menghasilkan comfortable riding dan maneuverability yang lebih baik.

Lampu depan dan belakang menggunakan teknologi LED dan terdapat pula Hazard Lamp untuk kondisi darurat. Electric Power Socket menjadi fitur standar bagi dua varian. [Xan/Ari]


Komentar