Volkswagen ID R Pecahkan Rekor Dunia Pikes Peak Share this
Balap Lain
Mode baca

Volkswagen ID R Pecahkan Rekor Dunia Pikes Peak

Denny Basudewa
pada 27 Juni 2018

Foto: VW ID R Pikes Peak

COLORADO – Volkswagen ID R berhasil memecahkan rekor dunia Pikes Peak yang selama ini dipegang oleh Sebastien Loeb sejak 2013.

Romain Dumas yang dipercaya sebagai pembalapnya, Volkswagen ID R membukukan waktu 7 menit 57.148 detik. Catatan waktu ini lebih cepat 1 menit dari Rhys Millen yang menggunakan mobil listrik prototipe. Lebih jauh hasil yang ditorehkan VW ID R mengalahkan rekor milik Sebastian Loeb dengan Peugeot 208 T16 yakni 8 menit 13.878 detik.

“Hari ini kami melihat kemampuan dari teknologi yang diusung Volkswagen ID R. Seluruh karyawan VW tentunya akan sangat bangga dengan hasil ini. Dari dalam lubuk hati saya mengucapkan selamat kepada tim. Kombinasi keahlian teknik luar biasa, semangat dan komitmen, tim telah berhasil menciptakan mobil balap yang fantastis,” ucap Dr Frank selaku Technical Chief Volkswagen.

Dirinya mengatakan bahwa Volkswagen ID R Pikes Peak disiapkan dalam waktu delapan bulan saja. Sebuah waktu yang cukup singkat terlebih untuk bisa memecahkan rekor dunia.

VW Romain Dumas

Bagi Dumas sendiri, ini merupakan catatan penting bagi perjalanan karirnya. Meskipun dirinya pernah membukukan catatan waktu tercepat sebanyak tiga kali, namun belum sekalipun memecahkan rekor dunia.

Dumas merupakan pembalap multi talenta yang berasal dari Perancis. Ia adalah pemilik gelar juara 24 jam Le Mans dua kali berturut-turut. Ia memenangkan balap ketahanan tersebut dengan menggunakan Porsche dan Audi.

“Dengan hasil ini kami melampaui harapan kami selama sendiri. ID R Pikes Peak adalah mobil paling mengesankan yang saya kendarai selama ini. Motor listrik yang kami gunakan benar-benar berbeda dari sebelumnya dan saya benar-benar belajar selama proyek ini,” ujar Dumas.

Volkswagen ID Pikes Peak, menggunakan motor listrik yang diyakini mampu memuntahkan tenaga maksimal 680 hp. Sementara bobot kendaraan kurang dari 1.100 kilogram. Rekor yang ditorehkan Volkswagen ID Pikes Peak dipercaya akan susah untuk dikalahkan dalam waktu dekat. [Dew/Ari]


Komentar