Aksi Volkswagen ID R Pecahkan Rekor Pikes Peak Share this
Balap Lain
Mode baca

Aksi Volkswagen ID R Pecahkan Rekor Pikes Peak

Denny Basudewa
pada 10 Juli 2018

COLORADO – Volkswagen ID R pecahkan rekor pikes peak, terekam dalam sebuah kamera yang diambil dari helikopter.

Seperti telah diwartakan sebelumnya, VW ID R yang dikemudikan oleh Romain Dumas berhasil mengalahkan rekor milik Sebastian Loeb yang sejak 2013 belum terkalahkan. Dumas juga mematahkan catatan waktu milik Rhys Millen yang mengendarai mobil listrik prototipe.

Tidak main-main, VW ID R mencetak waktu 7 menit 57.148 detik dan lebih cepat satu menit dari torehan sebelumnya. Sementara Loeb yang mengendarai Peugeot 208 T16 membukukan waktu 8 menit 13.878 detik.

Dikatakan bahwa VW ID R Pikes Peak sengaja diciptakan untuk memecahkan rekor.  Total waktu yang disiapkan untuk mengembangkan mobil listrik pemecah rekor tersebut hanya delapan bulan saja.

VW ID R Pikes Peak adalah kendaraan listrik yang diyakini mampu menyemburkan tenaga maksimal 680 hp. Muntahan tenaga tersebut mungkin tidak terlalu istimewa bagi sebuah mobil pemecah rekor. Namun bobot total mobil yang tidak mencapai 1.100 kilogram inilah yang membuatnya berbahaya.

VW ID R Pikes Peak juga menggunakan teknologi terkini dari sistem penggerak kendaraan. Baterai yang mampu mengeluarkan tenaga besar ditambah dengan aerodinamis mobil juga membuatnya semakin kencang dan mudah menaklukkan jalan berbukit seperti Pikes Peak.

Bisa dikatakan bahwa VW ID R Pikes Peak merupakan proyek ambisius VW Group dalam mengembangkan mobil listrik. VW ID merupakan salah satu bagian proyek mobil listrik VW Group di masa depan. [Dew/Ari]


Komentar