Volkswagen Sediakan Charger Mobil Listrik di Tiang Lampu Share this

Volkswagen Sediakan Charger Mobil Listrik di Tiang Lampu

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 04 Februari 2019

VERONA - Volkswagen Italia yang bermarkas di Verona berencana menyediakan 100 tempat pengisian ulang baterai untuk mobil listrik pada 2021 mendatang. 

Verona mungkin layak dijadikan referensi terkait perkembangan infrastruktur untuk mobil listrik. Pasalnya, kota ini mempunyai lampu penerangan jalan yang bisa difungsikan untuk mengisi ulang baterai mobil listrik. 

Perangkat yang dipasok oleh Volkswagen itu menjadi sebuah terobosan baru dalam hal pengisian ulang baterai. Dan, untuk pertama kalinya pula diterapkan di kawasan Eropa. Dengan daya 22 kW, sumber listrik itu dapat mengisi mobil listrik dengan waktu yang relatif singkat.

Tak hanya berfungsi mengisi baterai, pada tiang lampu tersebut juga memiliki fitur lain berupa kamera untuk mematau kondisi di sekitar, kualitas udara hingga fasilitas Wi-Fi. Namun, perangkat ini tidak bisa digunakan sembarangan. Pemilik mobil listrik harus terlebih dahulu memesan penggunaannya melalui aplikasi SmartAppVerona.

Pada 2019, Volkswagen berencana memasangkan 10 tiang lagi. Disertai pula penambahan dua stasiun pengisian ulang permanen di bilangan Verona. Langkah besarnya, pihak pabrikan bakal membangun 100 titik isi ulang baterai yang dicanangkan terealisasi dalam 2 tahun ke depan.

"Jalan menuju mobilitas yang sepenuhnya listrik masih panjang. Tapi, fase kedua dari Electrify Verona ini adalah langkah yang jauh lebih maju. Untuk memfasilitasi difusi e-mobility tidak cukup hanya dengan mendorong pembelian mobilnya saja. Namun, juga harus menyiapkan infrastruktur yang sesuai dengan penggunaannya. Inilah sebabnya mengapa Volkswagen Group Italia berkomitmen sebagai orang pertama untuk proyek-proyek konkret seperti Electrify Verona," kata Massimo Nordio, CEO dari Volkswagen Group Italia. 

Menurutnya, layanan seperti ini akan mendukung e-mobility untuk membantu masyarakat lebih dekat dengan mobil listrik. Untuk itu, pihak Volkswagen percaya keberadaan titik pengisian yang akan tersebar sangat penting untuk mencapai tujuan tersebut. [Ary/Ari]


Komentar