Mitsubishi Xpander AP4 Siap Berlaga di Selandia Baru Share this
Balap Lain
Mode baca

Mitsubishi Xpander AP4 Siap Berlaga di Selandia Baru

Denny Basudewa
pada 09 Agustus 2019

Foto: Xpander AP4

JAKARTA – Mitsubishi Xpander AP4 besutan Rifat Sungkar dan M Redwan siap berlaga di NZRC Goldrush Rally of Coromandel, Moewai Park, Selandia Baru pada 17 Agustus 2019.

Bernaung di Xpander Rally Team, pembalap Indonesia tersebut di atas akan mengukir pengalaman baru, yakni bertarung di kejuaraan reli dengan menggunakan kendaraan jenis Low MPV. Julian Johan yang juga merupakan pereli handal Tanah Air, akan bertindak sebagai manajer tim.

Bagi Rifat sendiri, keberangkatannya ke Selandia Baru membawa misi penting guna mengharumkan merah putih di kancah internasional, setelah terakhir ia mengikuti ajang Rally of America di tahun 2013 silam.

“Ini merupakan kali pertamanya saya mengikuti ajang internasional setelah terakhir di tahun 2013. Bertepatan pula dengan HUT RI ke-74 saya rasa ini adalah waktu yang tepat untuk kembali membuktikan kualitas Indonesia di mata dunia,” ungkap Rifat.

Rifat dan Xpander Rally Team akan bertolak ke Selandia Baru lebih awal, yaitu pada 11 Agustus untuk melakukan penelitian dan pengembangan tahap akhir, terhadap Xpander AP4 yang akan digunakan.

“Alasan kita berangkat lebih awal ke Selandia Baru, adalah langkah yang ditempuh untuk melakukan penelitian dan pengembangan tahap akhir terhadap Xpander AP4. Layaknya mobil yang pertama kali dibangun, tentu perlu proses pengembangan yang tahapannya cukup panjang,” cerita Rifat.

Menurutnya secara dimensi, struktur suspensi, rasio girboks, hingga aerodinamika Xpander AP4, merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan demi menunjang keselamatan. Hal ini dikatakan sebagai faktor terpenting di dalam kancah olahraga otomotif.

Xpander Rally Team sendiri sudah menyiapkan rencana cadangan, jika penelitian dan pengembangan terhadap Xpander AP4 membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Sementara itu, persiapan juga dilakukan oleh navigator M Redwan yang di ajang reli Selandia Baru ini merupakan kali pertama ia terjun di ajang internasional. [Dew/Idr]


Komentar