Mercedes-Benz & Geely Kerja Sama Kembangkan Mobil Listrik Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mercedes-Benz & Geely Kerja Sama Kembangkan Mobil Listrik

Ahmad  Richad
pada 15 Januari 2020

Foto: Ilustrasi Mobil Smart

Hangzhou — Mercedes-Benz dan Zhejiang Geely Holding Group (Geely), resmi mengumumkan kerja sama mereka untuk mendirikan perusahaan patungan yang akan mengembangkan kendaraan listrik.

Perusahaan patungan ini diberi nama Smart Automobile, nantinya akan memproduksi mobil listrik premium dengan teknologi terbaru. Smart merupakan salah satu merek di bawah Daimler.

Di perusahaan baru, nantinya Geely akan bertanggung jawab terhadap rekayasa mobil sedangkan Mercedes-Benz mengurusi tampilan secara keseluruhan.

Dalam keterangan resminya, kedua perusahaan ini sepakat akan berinvestasi masing-masing senilai 2.7 miliar Yuan, atau setara Rp 5,3 triliun. 

Usaha patungan ini memiliki komposisi kepemilikan 50:50, yang akan bermarkas di Teluk Hangzhou, Cina. Sementara untuk pasarnya kedua perusahaan sepakat produknya nanti akan dijual untuk Cina dan Jerman.

Masing-masing perusahaan akan menempatkan tiga eksekutif di dewan direksi, dengan Tong Xiangbei dari Geely yang akan menduduki kursi CEO global perusahaan.

Sekedar informasi, sebelum Mercedes dan Geely bekerjasama, Great Wall Motor dan BMW telah lebih dulu membentuk usaha patungan, untuk membangun mobil merek Mini bertenaga listrik Cina. 

Negara Cina ini sekarang menjadi banyak tujuan pengembangan mobil masa depan, termasuk mobil listrik. Karena permintaan mobil bertenaga listrik di negara ini terus menunjukkan peningkatan. [Ric/Idr]


Komentar