Geely Merangsek Pasar Mobil Listrik Murni dengan Geometry Share this
Mobil Baru
Mode baca

Geely Merangsek Pasar Mobil Listrik Murni dengan Geometry

Indra Prabowo
pada 6 hari yang lalu

Foto: GEOMETRY A

SINGAPORE – Pekan lalu Geely mengungkap selubung brand (merek) kendaraan listrik murninya Geometry sekaligus meluncurkan mobil listrik pertamanya Geometry A di Singapura.

Geometry A berbentuk sedan dengan pilihan jarak standar (standard range) dan jauh (long range). Mobil ini memakai baterai lithium CATL ternary dengan kapasitas 51.9kWh serta 61.9kWh.

Geometry A jarak standar dapat menempuh 410 kilometer, sedangkan model jarak jauh bisa berkelana lebih jauh menjadi 500 kilometer.

Geometry A mengonsumsi rata-rata 13,5 kWh per 100 KM yang ditempuh. Berdasarkan harga listrik di Beijing, 1KM hanya berharga 0,07 RMB (USD $ 0,01) dan perjalanan 30 km setiap hari akan kurang dari 2 RMB (USD $ 0,30).

Geely mengatakan system powertrain mobil mengeluarkan tenaga 120 kW (161 hp) dan torsi 250 Nm. Akselerasi 0-100 kpj ditempuh dalam 8.8 detik.

Pengisian baterai dari kondisi 30% menjadi 80% hanya dalam 30 menit jika menggunakan instalasi Pengisian Cepat. Selain itu, Geometry A dilengkapi dengan sistem Super E Energy Station, yang dapat memasok daya ke laptop, oven, lampu, dan peralatan lainnya dengan steker listrik eksternal, memungkinkan pengguna menikmati kehidupan di luar-ruang dengan mudah.

Yang tidak kalah penting, Geely menaruh sejumlah system bantuan pengemudi seperti LKA+ Lane Keep Assist, BSD Blind Spot Detection, LCA Lane Change Assist, AEB-P Automatic Emergency Brake with Pedestrian Recognition.

Harga Geometry A dari USD $31,250 (atau setara dengan Rp 440 juta) hingga USD $37,200 (Rp 523 jutaan) di pasar China.

“Geely merupakan kekuatan yang kuat dan peserta aktif di bidang energi baru. Kami dibimbing oleh inovasi teknologi dan bertekad untuk menjadi pemimpin global dalam energi baru. Geometry adalah jawaban kami terhadap masa depan industri, representasi cita-cita kami, dan langkah tegas menuju suatu "dunia baru yang indah." Peluncuran Geometry dan produk pertamanya meningkatkan tujuan strategis Geely menjadi salah satu dari 10 kelompok otomotif top dunia," kata Zhejiang Geely Holding Group President and Geely Auto Group President and CEO An Conghui.

Pada 2025, Geometry akan meluncurkan 10 model mobil listrik dengan berbagai genre: sedan, crossover, MPV dan SUV. [Idr]

 

 

  


Komentar