Soul Red Crystal Sebagai "Bahasa" Global Baru Mazda Share this
Berita Mobil
Mode baca

Soul Red Crystal Sebagai "Bahasa" Global Baru Mazda

Adi Hidayat
pada 17 November 2016

Foto: Soul Red Crystal pertama digunakan oleh all-new Mazda CX-5

HIROSHIMA – Peluncuran all-new CX-5 sekaligus untuk mengenalkan warna andalan baru Mazda yaitu Soul Red Crystal.

Selama ini Mazda Motor Corporation menyodorkan warna Soul Red sebagai bahasa global untuk menggambar keindahan sebuah mobil lansiran mereka. Namun tampaknya warna itu tak digunakan lagi dan sebagai penggantinya adalah Soul Red Crystal.

Warna baru ini akan menjadi trademark baru Mazda. Perusahaan bermarkas di Hiroshima, Jepang ini memang meyakini bahwa ‘warna merupakan elemen dari wujud sebuah kendaraan’.

Untuk itu mereka fokus untuk mengembangkan warna yang dapat menonjolkan keindahan dan kualitas dari desain Kodo. Soul Red Crystal sendiri merupakan kelanjutan dari Soul Red yang merupakan andalan Mazda selama ini.

Warna ini diklaim lebih pekat 20 persen dan 50 persen lebih depth dibanding Soul Red. Warna baru ini terlihat lebih segar dan berkilau.

Mazda tak hanya mempertahankan stuktur tiga lapis yang terdiri dari lapisan clear, translucent dan reflective namun juga merepresentasikan evolusi teknologi pengecatan Takaminuri dari Mazda. Rakuminuri memberikan kendaraan produksi massal menjadi meningkat kualitasnya.

Lapisan cat baru ini dikembangkan dengan meningkatkan pigmen merah sehingga warna merah menjadi lebih kaya. Untuk membuatnya lebih berkilau, serpihan tipis alumunium ditambahkan dan sehingga membuat warna menjadi lebih dalam.

Dalam pengecatannya butuh ritual khusus. Mazda melakukan beragam langkah rumit agar membuat warna Soul Red Crytal lebih berkilau dan memukau. Hasilnya menjadikan Soul Red Crytal layak untuk menjadi warna unggulan terbaru dari Mazda di global. [Adi/Ikh]


Komentar