Daimler & Geely Bersepakat Kembangkan Mobil Listrik smart Share this
Berita Mobil
Mode baca

Daimler & Geely Bersepakat Kembangkan Mobil Listrik smart

Indra Prabowo
pada 29 March 2019

STUTTGART – Daimler AG (Daimler) dan Zhejiang Geely Holding Group (Geely Holding) membentuk sebuah perusahaan patungan (joint venture) dengan komposisi saham 50:50.

Perusahaan tersebut akan mengembangkan brand smart, pelopor kendaraan perkotaan kecil (small urban vehicles), sebagai pemimpin dalam kendaraan listrik premium.

“Lebih dari 2,2 juta pelanggan, smart merupakan pelopor dalam mobilitas perkotaan. Berdasarkan kisah sukses ini, kami berharap untuk lebih meningkatkan merek smart dengan Geely Holding, mitra yang kuat di segmen kendaraan listrik. Kami akan bersama-sama merancang dan mengembangkan generasi mobil listrik pintar berikutnya yang menggabungkan produksi berkualitas tinggi dan standar keselamatan yang terkenal untuk dijual baik di Cina maupun global,” kata Dieter Zetsche, Chairman of the Board of Management of Daimler AG and Head of Mercedes-Benz Cars.

Perusahaan akan memproduksi mobil-mobil listrik smart di sebuah pabrik khusus di China dan akan dijual ke dunia mulai 2022. Generasi baru kendaraan-kendaraan smart akan didesain oleh jaringan Mercedes-Benz Design di seluruh dunia dengan rekayasa dari pusat-pusat teknik global Geely.

“Kami sepenuhnya menghargai nilai smart. Merek ini memiliki daya tarik unik dan nilai komersial kuat. Geely Holding dan Daimler menantikan proyek baru yang menantang dan menarik ini. Dengan proyek ini kami akan lebih lanjut mendorong pengenalan produk-produk listrik premium untuk memberikan pengalaman mobilitas lebih baik kepada para pelanggan kami,” kata Li Shufu, Geely Holding Chairman.

Li Shufu berjanji akan mempromosikan smart ke berbagai belahan dunia dan mengembangkan teknologi konektivitas untuk smart.

Sebelum menjual mobil-mobil baru pada 2022, Daimler akan tetap memproduksi mobil-mobil smart di Hambach plant Prancis (smart EQ fortwo) dan di Novo Mesto Slovenia (smart EQ forfour). [Idr]


Komentar