Mercedes-Benz Avatar, Mobil Otonom Komponen Lokal  Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mercedes-Benz Avatar, Mobil Otonom Komponen Lokal 

Ahmad  Richad
pada 17 Januari 2020

LAS VEGAS - Mercedes-Benz pamerkan konsep mobil masa depan bertenaga listrik di CES 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat. Mobil ini mampu berjalan sendiri tanpa pengemudi (otonom).

Mobil yang diberi nama Vision Advanced Vehicle Transformation (AVTR), terinspirasi dari film fiksi Avatar 2009. Demi terwujudnya mobil ini, James Cameron, selaku sutradara film tersebut, ditunjuk langsung oleh Mercedes-Benz untuk merancang konsepnya.

Vision AVTR nantinya akan ditenagai oleh sel baterai organik berbasis graphene. Dengan baterai 110 kWh, dan mobil ini diklaim dapat menghasilkan tenaga 470 hp, dengan jarak tempuh hingga 700 km, serta bisa berjalan seperti kepiting dengan tingkat kemiringan 30 derajat.  

Tidak hanya itu, yang lebih menariknya lagi, bagian interior mobil ini, khusus pada lantainya akan terbuat dari jenis kayu baru bernama Karuun, dan kayu ini, disebut berasal dari Indonesia. Sementara pada bagian kabinnya akan terbuat dari plastik daur ulang dan kulit imitasi Dinamca vegan.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi layar proyeksi besar dengan desain segitiga. Adapun tempat duduknya Mercedes mendesain dengan gaya tempat tidur gantung, seperti tempat makhluk di film Avatar tidur. 

Mobil Vision AVTR juga sudah dilengkapi dengan teknologi canggih, seperti kecerdasan buatan (IA). Bagian belakang mobil ini juga dilengkapi oleh 33 flap bionik yang dapat bergerak ke segala arah, menyerupai sisik reptil. Flap tersebut berfungsi untuk berkomunikasi dengan orang di luar mobil.

Källenius, selaku Ketua Dewan Manajemen Daimler AG dan Mercedes-Benz AG, mengatakan bahwa Vision AVTR kemungkinan baru akan dibuat pada 2039 mendatang. [Ric/Idr]


Komentar