Volkswagen Safari Bertenaga Listrik Share this
Modifikasi
Mode baca

Volkswagen Safari Bertenaga Listrik

Denny Basudewa
pada 16 Mei 2017

LOS ANGELES – Volkswagen Safari bertenaga listrik ini hasil ide liar Icon.

Mobil lansiran 1973 ini menjadi kendaraan lawas perdana yang menggunakan tenaga listrik di Amerika Serikat. Sebelumnya, mobil beratap terbuka buatan Jerman tersebut menggendong mesin 1.6-liter segaris yang identik dengan mesin VW Kodok.

Sejatinya mobil berbentuk kotak ini hanya mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 40 hp dan torsi hingga 97 Nm. Mesin yang menggerakkan roda belakang kendaraan ini dijodohkan dengan transmisi manual empat-percepatan.

Diberi julukan Wild Thing, Icon merestorasi mobil lawas tersebut dengan mencangkokkan motor listrik yang setara 180 hp dan 284 Nm. Tenaga sebesar itu disuplai dari baterai 40 kWh yang tersimpan rapi di dalam kap mesin. Sisanya elemen kelistrikan lainnya dari kendaraan ini berada di balik jok belakang.

Dengan menghilangkan blok mesin secara keseluruhan, bobot mobil menjadi berkurang drastis. Hal ini membuat Icon menambahkan seperangkat rem cakram pada roda depan, kemudian mereka juga mengembangkan sistem suspensi pada mobil berwarna kuning tersebut.

Segala ubahan yang dilakukan, VW yang populer di Indonesia sebagai Safari ini menjadi lebih bertenaga, memiliki handling lebih baik, dan mampu melakukan gerakan akrobatik yang dikenal dengan donuts.

Tidak hanya sektor mesin, Icon juga melakukan penyempurnaan pada segi eksterior. Mereka menjejali rumah roda baru yang berkelir hitam doff, memasang headlamp yang telah dimodifikasi, atap permanen aftermarket, dan jok berlapis kulit.

VW Safari yang dirubah menjadi mobil listrik bukanlah kali pertama bagi Icon. Jonathan Ward sebagai Founder mengatakan akan ada lagi proyek-proyek serupa di masa yang akan datang. Tidak cukup dengan mengaplikasikan listrik sebagai penggerak, dirinya juga merasa tertantang untuk menciptakan mobil pintar atau autonomous car.

“Saya sangat tertarik untuk menciptakan mobil otonom di masa mendatang. Secara pribadi, saya mampu untuk membuatnya,” ujar Ward. [Dew/Ikh]


Komentar