Di Sepang, Rossi Temukan Jawaban Misteri Musim Lalu Share this
MotoGP
Mode baca

Di Sepang, Rossi Temukan Jawaban Misteri Musim Lalu

Ary Dwinoviansyah
pada 07 Februari 2019

SEPANG - Tes pramusim MotoGP Sepang (Malaysia) menjadi tahap lanjutan bagi setiap tim untuk menguji beragam parts baru yang akan digunakan saat dimulainya musim balap 2019 mendatang. 

Setelah tes Valencia dan Jerez (Spanyol), penyelenggara MotoGP kembali mengadakan sesi tes pramusim jelang persiapan MotoGP 2019 di Sirkuit Sepang (6-8 Februari 2019). Beberapa tim bahkan langsung menjajal perangkat baru pada tunggangan mereka, baik dengan mesin, sasis atau pun sektor elektronik baru. 

Hal tersebut dilakoni tim Ducati Corse terhadap Desmosedici GP19. Salah satu pembalapnya yaitu Andrea Dovizioso mengaku motor yang sudah dikendarainya kemarin (6/2) bahkan berbeda dengan sebelumnya (di tes Valencia dan Jerez). 

"Perasaan dengan motor positif sejak awal tentu juga karena cuacanya bagus dan lintasan kering. Kami menyelesaikan beberapa komparasi dengan sasis baru. Tapi ini belum jelas karena kami harus mencari perbedaan yang tepat. Besok kami akan membuat keputusan penting setelah tes," kata Dovizioso. 

Hal serupa juga diutarakan Valentino Rossi. Setelah melakukan prosesi launching tim Monster Yamaha di Jakarta, Ia pun menjalani tugasnya menunggangi Yamaha M1 2019. Di tes perdana itu, The Doctor pun sepertinya mendapatkan jawaban dari keluhannya di musim lalu. 

"Kami membuat peningkatan pada engine brake di mana ini yang selalu ditekankan oleh Maverick Vinales. Dan benar karena sekarang kami punya solusi lebih baik jika dibandingkan dengan motor pada tes Jerez. Ada peningkatan pada mesin, elektronik dan sasis. Kami juga mapu meningkatkan performa ban bekas," kata Rossi. 

Pada hari pertama itu, Rossi menempati urutan ke-6 dalam daftar pembalap tercepat. Gapnya juga tidak terlalu jauh dengan pemilik lap time tercepat, Marc Marquez. Namun, Ia mengakui bahwa Yamaha harus melanjutkan pengembangan terhadap Yamaha M1. 

Alex Rins, pembalap Suzuki Ecstar bahkan menyebut pihaknya bahkan membawa cukup banyak parts di tes pramusim tersebut. Seperti disebutkan bahwa mereka setidaknya membawa mesin baru dan hasilnya sudah terlihat kemarin di mana Rins mampu menguntit lap time Marquez. 

"Kami belum mencoba semuanya. Pada mesin, ada kelebihan dan kekurangan pada area akselerasi. Tapi, saya senang kami membuat peningkatan. Saya rasa kelemahannya di top speed. Untuk titik pengereman kinerjanya baik. Saya hanya butuh membuatnya lebih nyaman. Untuk besok (7/2), kami akan mencoba fairing baru dan kemungkinan pekan ini atau di tes Qatar akan menguji knalpot baru. Saya senang karena mereka (teknisi) bekerja keras di musim dingin ini," ungkap Rins. 

Sementara itu, si pencatat waktu tercepat pada hari pertama (Marquez) tak banyak mengumbar perihal perangkat baru dari Honda RC213V. Ia menyebut paketan motor baru yang sudah dipakainya sejak tes Valencia dan Jerez berada di level serupa dengan Sepang. 

"Sedikit lebih baik dari sebelumnya. Tapi perasaan terhadap motor masih sama dengan tahun lalu. Tapi, tahun ini kami juga melakukan langkah lain," tutup Marquez. [Ary/Ari]


Komentar