Yamaha Pasrah Jika Rossi Putuskan Pensiun Share this
MotoGP
Mode baca

Yamaha Pasrah Jika Rossi Putuskan Pensiun

Denny Basudewa
pada 30 Januari 2020

Foto: Valentino Rossi

GERNO DI LESMO – Yamaha telah memutuskan untuk mengganti posisi Valentino Rossi di tim pabrikan dengan Fabio Quartararo mulai musim 2021.

Pembalap berjuluk The Doctor seperti biasa menunda keputusannya untuk memperpanjang kontrak dengan Yamaha. Rossi yang sudah berusia 40 tahun, semakin sulit tampil kompetitif ditambah lagi performa Yamaha M1 tidak kunjung membaik. Hal inilah yang menjadi problema Rossi 2 tahun belakangan ini.

Juara dunia 9-kali ini menunggu beberapa balapan di MotoGP 2020, untuk memutuskan pensiun atau lanjut mengejar gelar juara dunia kesepuluh. Sambil menunggu keputusan Rossi, Yamaha juga takut kehilangan Quartararo yang tampil brilian pada musim lalu.

“Kami sangat menghormati dan percaya diri pada Valentino untuk musim 2020. Namun di saat yang sama, kami harus merencanakan masa depan. Saat ini talenta muda yang cepat sangat diminati dan akibatnya bursa transfer dimulai lebih dini,” ucap Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing.

Yamaha dikatakan akan memulai musim 2020 dengan cara yang aneh. Ini dikarenakan mereka telah menentukan pembalap baru untuk menggantikan Rossi dan mendampingi Maverick Vinales. Meskipun kedua belah pihak (Rossi dan Yamaha) telah sepakat untuk saling mendukung, pabrikan berlambang Garpu Tala ini menyatakan siap menerima segala keputusan pemilik nomor 46 tersebut.

“Jika Ia memutuskan untuk pensiun, kami akan melanjutkan dan memperluas kolaborasi kami di luar trek dengan program Riders Academy dan Yamaha VR46 Master Camp. Valentino juga masih sebagai brand Ambassador Yamaha,” lanjutnya kemudian.

Di balik semua spekulasi tentang masa depan Rossi bersama Yamaha, seluruh penggemar di seluruh dunia masih berkesempatan untuk melihat aksinya, setidaknya sampai akhir musim 2020. [Dew/Idr]


Komentar