Quartararo Gantikan Rossi di Yamaha Mulai 2021 Share this
MotoGP
Mode baca

Quartararo Gantikan Rossi di Yamaha Mulai 2021

Denny Basudewa
pada 29 Januari 2020

Foto: Fabio Quartararo

LESMO – Fabio Quartararo secara resmi menggantikan posisi Valentino Rossi di tim Yamaha Factory Racing MotoGP pada 2021.

Quartararo akan berpasangan dengan Maverick Vinales di tim pabrikan berlambang Garpu Tala tersebut. Vinales sendiri baru saja memperpanjang kontrak dengan Yamaha satu hari sebelumnya. Hal ini membuat Rossi akan menjalani musim balap terakhirnya bersama Yamaha pabrikan di MotoGP 2020.

“Kami sangat senang mengumumkan Fabio yang akan bergabung dengan Yamaha Factory Racing MotoGP pada musim 2021 dan 2022. Performanya di MotoGP selama ini sangat sensasional dengan 6 pole position dan 7 podium pada musim 2019. Mengundangnya untuk masuk tim pabrikan adalah langkah yang tepat,” ucap Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing di laman resminya (29/01/2020).

Gosip Rossi yang akan pensiun dari MotoGP sebenarnya sudah bergulir cukup lama. Bahkan ketika Jorge Lorenzo yang memutuskan untuk pensiun, pembalap berjuluk The Doctor juga ikut dikait-kaitkan.

Seperti musim-musim sebelumnya, Rossi tidak mau terburu-buru memutuskan masa depannya. Ia masih ingin menunggu beberapa balapan untuk memutuskan terus balapan atau pensiun. Namun langkahnya kali ini tidak bisa lagi dilakukan dan Ia harus rela posisinya digantikan oleh Quartararo.

“Konsisten dengan apa yang katakan sebelumnya, saya tidak ingin terburu-buru memutuskan. Dengan adanya kepala kru baru dan perubahan teknis terakhir, jelas bahwa target saya tetap kompetitif. Saya senang bahwa Yamaha siap mendukung dalam segala hal,” tutur Rossi.

Artinya jika Rossi memutuskan tetap membalap di MotoGP di musim 2021, Ia akan bernaung di tim satelit Yamaha. Namun meskipun berada di tim satelit, Rossi dijanjikan untuk tetap mendapat motor dan kontrak tim pabrikan. [Dew/Idr]


Komentar