Vision S, Mobil Listrik dari Sony Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Vision S, Mobil Listrik dari Sony

Denny Basudewa
pada 10 Januari 2020

Foto: Sony Vision S

LAS VEGAS– Sony memamerkan konsep mobil listrik pertamanya bernama Vision S dengan 33 sensor di dalamnya.

Pada  CES 2020, Sony memberikan kejutan dengan memperkenalkan produk revolusionernya yakni sebuah konsep mobil listrik. Meskipun masih berwujud prototipe, Sony Vision S nampaknya ingin menandingi Tesla yang notabene lebih senior dalam menghadirkan kendaraan listrik.

Sony Vision S disematkan 33 sensor termasuk CMOS, 3D Time of Flight sensor, radar, ultra sonic hingga LiDAR. Berbagai fitur yang dijejalkan pada kendaraan tersebut dinamakan ‘Oval Sensing’ yang pada fungsinya memberikan kemudahan pada pengendara maupun penumpang.

Meskipun dinyatakan bukan sebagai mobil otonom, namun kendaraan ini telah menyandang level 2+ bantuan bagi pengendara. Dikatakan bahwa Sony Vision S dibekali dengan fitur cruise control terkini, dapat berpindah lajur secara otomatis, hingga parkir secara independen.

Guna mendukung hal tersebut di atas, kendaraan ini telah memiliki koneksi 5G, cloud AI (Artificial Intelligence) dan berbagai teknologi lainnya.
Masuk ke dalam, Sony membenamkan layar yang cukup lebar di bagian dashboard. Fitur ini memungkinkan pengemudi dan penumpang berinteraksi, dengan tampilan yang berbeda-beda.

Dikatakan bahwa Vision S memiliki kemampuan membaca situasi di dalam kabin. Salah satunya adalah mengatur suhu kabin saat penumpang tertidur dalam kendaraan. Tidak hanya itu, Sony juga mempersembahkan fitur 360 Reality Audio, sehingga setiap penumpang dapat merasakan sensasi lebih selama perjalanan.

Sony Vision S juga dapat diatur melalui ponsel pintar seperti memanggil kendaraan dari tempat parkir dan masih banyak lagi.

Sony menyatakan bahwa kendaraan prototipenya mengusung 2 sumber penggerak yang masing-masing mampu menghasilkan daya 268 hp. Akselerasi mobil ini dari diam hingga 100 kmh hanya 4.8 detik saja. Belum diketahui berapa jarak yang mampu ditempuh oleh kendaraan ini.

Sony Vision S diproduksi oleh Magna Steyr yang juga telah menghasilkan mobil listrik lainnya seperti Jaguar I-Pace. Manufaktur asal Austria tersebut juga diketahui sebagai rumah dari lahirnya Toyota Supra generasi terbaru. [Dew/Idr]
 

 


Komentar