MotoGP Brno 2020 Dihiasi Muka-muka Baru di Podium Share this
MotoGP
Mode baca

MotoGP Brno 2020 Dihiasi Muka-muka Baru di Podium

Denny Basudewa
pada 09 Agustus 2020

Foto: MotoGP Brno 2020

BRNO – MotoGP Brno 2020 dihiasi berbagai kejutan dengan salah satunya menghadirkan muka-muka baru di poium kemenangan.

Brad Binder dan Franco Morbidelli menjadi salah satu kejutan di MotoGP Brno 2020. Dua pembalap tersebut untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di podium kelas para raja. Bahkan Binder yang masih berstatus rookie juga mencatatkan rekor sebagai pemenang pertama asal Afrika Selatan di MotoGP.

Tempat ketiga dihuni Johann Zarco yang mengalami beberapa drama sebelum menyudahi balapan. Pembalap Avintia Ducati ini mengalami insiden dengan Pol Espargaro yang membuatnya terkena hukuman long lap penalty. Beruntung Ia masih bisa mengamankan posisi podium ketiga.

Jalannya Lomba

Mengawali balapan dari tempat pertama, start Zarco tidak terlalu baik. Ia langsung disusul dua pembalap di belakangnya yakni Fabio Quartararo dan Morbidelli. Zarco juga disalip oleh Aleix Espargaro yang menunggangi Aprilia.

Jalannya balapan kali ini cukup menarik karena persaingan setiap pembalap sangat ketat. Faktor tidak adanya Marc Marquez yang masih cedera, menjadi salah satu faktor semakin hidupnya balapan.

Tidak hanya itu, beberapa nama-nama yang tidak biasa menghuni barisan terdepan mengacak-acak peta persaingan. Sebut saja Binder, karena dirinya memulai balapan dari posisi tujuh, lalu mampu merangsek perlahan demi perlahan untuk bersaing di depan.

Morbidelli yang mengambil alih posisi terdepan mengambil inisiatif untuk menjauh dari kelompok pembalap lainnya. Sementara Quartararo berjuang habis dari gempuran pesaingnya. Yamaha berharap banyak dari kedua pembalap satelitnya, karena Maverick Vinales dan Valentino Rossi kesulitan tampil maksimal di sirkuit Automodrome Brno.
MotoGP Brno 2020

Dua KTM yakni Binder dan Pol Espargaro menteror para pembalap di depannya, dengan bermodalkan stabilitas kendaraan di tikungan. Terlihat catatan waktu keduanya lebih baik dari para pembalap di depannya.

Sayang Pol sempat melebar sehingga kehilangan posisinya. Lalu Ia melebar lagi dan kali ini Pol mengalami nasib sial karena bersentuhan dengan Zarco, sehingga keluar lintasan dan menyudahi balapan lebih cepat.

Aksi mengagumkan dipertontonkan Alex Rins dan Valentino Rossi. Ketika balapan sudah memasuki 2/3 jumlah total putaran, kedua pembalap menyingkirkan satu-persatu pembalap di depannya, termasuk pemuncak klasemen MotoGP 2020 sementara yakni Quartararo.

Setelah mengatasi Morbidelli, Binder melesat terus jauh ke depan dan memisahkan diri. Hingga akhir lomba Binder tidak terkejar dan akhirnya memecahkan beberapa rekor dengan mengemas kemenangan pertama di MotoGP. [Dew/Idr]


Komentar