Quartararo Memenangkan Balapan Pertamanya di MotoGP Spanyol 2020 Share this
MotoGP
Mode baca

Quartararo Memenangkan Balapan Pertamanya di MotoGP Spanyol 2020

Denny Basudewa
pada 19 Juli 2020

Foto: Fabio Quartararo

JEREZ – Fabio Quartararo finish pertama pada MotoGP Spanyol 2020 dengan mengalahkan para seniornya.

Pencapaian Quartararo kali ini, membuat lagu nasional Perancis kembali diputar di podium setelah 21 tahun lamanya. Langkah pembalap tim Petronas Yamaha SRT ini untuk mencapai kemenangan pertamanya di MotoGP, tidaklah mulus.

Meskipun start dari posisi terdepan, posisinya langsung tergusur oleh Maverick Vinales, Marc Marquez dan beberapa pembalap lain. Pertarungan sengit memperebutkan posisi terdepan, dipertontonkan oleh Marquez dan Vinales.

Marquez yang seperti biasa tampil ngotot, kehilangan grip ban depan sehingga tercecer hingga ke belakang. Lalu pucuk pimpinan lomba diambil alih Vinales dan dibayang-bayangi beberapa pembalap. Quartararo yang telah berhasil mengatasi kompetitor di depannya, langsung membayang-bayangi Vinales yang menggunakan ban depan kompon soft.

Pilihan kompon ban Vinales membuatnya tidak bisa berbuat banyak, Ia melebar dan kemudian disusul Quartararo. Persaingan memperebutkan podium ketiga juga tidak kalah sengit dipertontonkan oleh Francesco Bagnaia, Pol Espargaro, Andrea Dovizioso dan Jack Miller.

Namun pemandangan paling menarik perhatian adalah usaha Marquez untuk kembali ke barisan terdepan. Marquez menyingkirkan para pembalap di depannya satu persatu termasuk Valentino Rossi yang kesulitan menemukan performa optimal.
Fabio Quartararo

Pada dua pertiga balapan, Marquez sudah berada di posisi keempat untuk mempertaruhkan podium. Namun nasib sial menimpa pembalap Spanyol tersebut, Ia mengalami high side dan kali ini tidak bisa melanjutkan balapan. Ia juga terlihat mengalami kesakitan pada tangannya sehingga ditandu ke luar sirkuit.

Quartararo yang sendirian di depan, melaju mulus dengan jarak sekitar 4 detik dari Vinales. Hingga akhir lomba, Ia tidak terkejar lagi sehingga berhasil memenangkan balapan MotoGP 2020 pertama di Jerez. Vinales menempati posisi kedua diikuti Dovizioso. [Dew/Idr]

Berikut hasil MotoGP Spanyol 2020

1

Fabio Quartararo

FRA

Petronas Yamaha (YZR-M1)

2

Maverick Viñales

SPA

Monster Yamaha (YZR-M1)

3

Andrea Dovizioso

ITA

Ducati Team (GP20)

4

Jack Miller

AUS

Pramac Ducati (GP20)

5

Franco Morbidelli

ITA

Petronas Yamaha (YZR-M1)

6

Pol Espargaro

SPA

Red Bull KTM Factory (RC16)

7

Francesco Bagnaia

ITA

Pramac Ducati (GP19)

8

Miguel Oliveira

POR

Red Bull KTM Tech3 (RC16)

9

Danilo Petrucci

ITA

Ducati Team (GP20)

10

Takaaki Nakagami

JPN

LCR Honda (RC213V)

11

Johann Zarco

FRA

Reale Avintia Ducati (GP19)

12

Alex Marquez

SPA

Repsol Honda (RC213V)

13

Brad Binder

RSA

Red Bull KTM Factory (RC16)

14

Tito Rabat

SPA

Reale Avintia Ducati (GP19)

15

Bradley Smith

GBR

Factory Aprilia Gresini (RS-GP)


Komentar