Kawasaki Bermesin Turbo dan Langka Dilelang Seharga Innova Share this
Berita Motor
Mode baca

Kawasaki Bermesin Turbo dan Langka Dilelang Seharga Innova

Denny Basudewa
pada 18 Januari 2020

Foto: Kawasaki Mystery Ship

JAKARTA – Kawasaki Mystery Ship merupakan motor yang diproduksi hanya 10 unit. Tentu saja jumlah tersebut membuatnya menjadi sangat eksklusif.

Jauh sebelum hadirnya Kawasaki H2 sebagai motor dengan mesin bertenaga turbo, pabrikan motor yang identik dengan warna hijau tersebut pernah meluncurkan motor bermesin turbo yakni Mystery Ship.

Kawasaki Mystery Ship sendiri merupakan hasil desain Craig Vetter. Kendaraan ini sejatinya diproduksi pada 1980 dan menggunakan KZ1000 sebagai basisnya. Adapun motor ini dirancang oleh Vetter setelah timnya memenangkan AMA Superbike pada 1978.

Rencana awalnya Kawasaki Mystery Ship akan dibuat sebanyak 200 unit. Namun pada faktanya hanya diproduksi sebanyak 10 unit. Ini terjadi karena Vetter mengalami kecelakaan sehingga mimpinya membuat motor touring hanya terealisasi 10 unit saja.

Dalam proses pembuatannya sendiri Vetter mengalami beberapa cobaan. Seperti pada 1975 Vetter memesan bodi kendaraan pada Rickman di Amerika Serikat. Dengan memadukan Kawasaki KZ1000 dengan bodi buatan Rickman, Vetter mencoba menghadirkan motor balap yang juga bisa dipakai di jalan raya.

Dua dari sepuluh unit Kawasaki Mystery Ship yang pernah diproduksi, kini berada Las Vegas Motorcycle Auction. Ya, dua kendaraan langka ini rencananya akan dilelang dengan harga mulai Rp 341 juta hingga Rp 477 juta. Sebuah harga motor yang hampir menyerupai Kawasaki H2 yang juga telah dibekali turbo pada mesinnya. [Dew/Idr]


Komentar