Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah MotoGP dan WSBK 2021 Share this
MotoGP
Mode baca

Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah MotoGP dan WSBK 2021

Ary Dwinoviansyah
pada 24 Februari 2019

MADRID - Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah penyelenggara balap dunia MotoGP dan WSBK pada 2021 mendatang. 

Kabar mengenai ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah gelaran balap dunia tersebut benar adanya. Setelah sempat ramai diperbincangkan, pihak Dorna Sports selaku penggagas event merilis berita resmi terkait hal tersebut. 

Meski baru saja diumumkan, namun kesepakatan antara Dorna dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sudah terjadi pada 28 Januari 2019. Ini adalah proses lanjutan dari kunjungan pihak Dorna ke Lombok pada November 2018 lalu. Penandatanganan dilakukan oleh Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna dan Abdulbar M Mansoer selaku CEO ITDC dan disaksikan oleh Drs Hermono M.A, Duta Besar Indonesia untuk Spanyol. 

Dari pernyataan itu diterangkan bahwa kedua balapan tersebut bakal dihelat di Lombok, tepatnya di wilayah Mandalika. Sementara balapannya sendiri akan dilakukan di sirkuit jalan raya.

"Proyek yang sangat unit ini memiliki sirkuit di dalam kota berkelas dunia di mana MotoGP memiliki banyak sekali penggemar. Indonesia adalah pasar utama kami dengan persentase fans yang tinggal di sini. Atmosfer MotoGP akan semakin kuat begitu sirkuit selesai," kata Ezpeleta. 

Ia juga menjelaskan diadakannya MotoGP dan WSBK di Lombok, tentu akan menjadikan penawaran ini lebih menarik bagi penggemar di Tanah Air. Selain tentunya Lombok punya daya tarik dalam hal pariwisata. 

"Kami sangat senang telah bermitra dengan Dorna dan senang bisa membawa acara olahraga motor kelas dunia ke Indonesia dan Mandalika secara bersama-sama," tutur Abdulbar. 

Melihat foto yang ditampilkan Dorna, sirkuit jalan raya ini sepertinya bakal menarik. Penonton dapat melihat para pembalap beraksi dengan latar belakang lautan. Jika lay out dari perancang sirkuit sempurna, bukan tidak mungkin lintasan di Mandalika ini bakal mengalahkan pamor Sirkuit Phillip Island, Australia. 

Semoga kesepakatan ini juga menjadi babak baru agar Indonesia kembali menjadi perhatian dunia, khususnya arena balap. Seperti diketahui, Indonesia sempat menjadi tuan rumah pada 1996 dan 1997. Setelah itu, Sirkuit Sentul ditinggalkan pun demikian dengan Indonesia. Beberapa wacana sempat muncul untuk mengembalikan balapan itu beberapa tahun belakangan, namun tak terdengar lagi kabar baiknya. [Ary/Ari] 


Komentar