6 Winglet Diuji di Motor Marquez Share this
MotoGP
Mode baca

6 Winglet Diuji di Motor Marquez

Muhammad Ikhsan
pada 27 April 2016

Foto: Marquez mengujicoba 6 winglet di Jerez, Spanyol

JEREZ - Kontroversi penggunaan winglet di MotoGP terus terjadi. Kendati demikian tidak menghalangi Honda untuk melakukan ujicoba aksesori aerodinamika pada motor tersebut. Honda pun memulai debutnya menggunakan enam winglet pada motor Marquez selama balapan di Jerez.

Tiga pasang winglet dipasang bertingkat di kedua sisi fairing motor yang digunakan Marquez. Komisi Grand Prix pun tidak menyalahi penggunakan aksesori tersebut. Pasalnya mereka masih menunggu proposal dari MSMA (asosiasi pabrikan) terkait perangkat aerodinamika tersebut.

Marquez sebagai tester aksesori tersebut mengatakan, tidak menutup kemungkinan penggunaan winglet tersebut pada setiap motor di MotoGP.

"Hari ini kami mencoba banyak hal. Kami melahap banyak lap, dari pagi sampai jam terakhir. Saya puas dengan feeling yang didapat. Kami mencoba beberapa sayap berbeda

dan sepertinya itu bekerja dengan cara yang berbeda," ucap Marquez.

Sebelum Honda, penerapan winglet sudah dilakukan di motor Ducati dan Yamaha. Namun, Honda sudah memiliki beberapa desain winglet untuk memaksimalkan aerodinamika motornya. Sementara Rekan setimnya Dani Pedrosa tidak menguji konfigurasi winglet tersebut.

Sedangkan Suzuki juga tengah ujicoba winglet saat sesi latihan di Jerez. Penggunaan winglet hanya pada motor Aleix Espargaro. Tim Suzuki masih meragukan apakah aksesori tersebut turut membantu memaksimalkan aerodinamika pada motornya.

Wajib untuk diketahui, pengguna winglet di Moto2 sudah dilarang mulai musim ini, sementara pada kelas Moto3 pelarangan akan berlaku musim 2017 mendatang. [Ikh/Idr]


Komentar