Selain Indonesia, Finlandia Juga Serius Incar MotoGP Share this
MotoGP
Mode baca

Selain Indonesia, Finlandia Juga Serius Incar MotoGP

Syubhan Akib
pada 25 Januari 2016

HELSINKI - Finlandia akan menjadi saingan Indonesia dalam perebutan arena balapan MotoGP. Bahkan negosiasi di antara penyelenggara MotoGP (Dorna) dan Finlandia sudah terjadi.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, Finlandia sangat tertarik untuk menggelar MotoGP, sama dengan niat Indonesia.

Tapi, kesiapan Finlandia untuk menggelar balapan MotoGP di sirkuit KymiRing terhitung lebih siap bila dibandingkan dengan sirkuit Sentul.

Dan seperti halnya Indonesia, Finlandia juga menegosiasikan diri untuk bisa menggelar balapan mulai 2017 atau 2018. KymiRing sudah mendapat sertifikat internasional dan kini tengah dikembangkan lagi agar semakin oke. Diperkirakan, butuh waktu 12-13 bulan untuk pengembangan kompleks olahraga bermotor ini.

"Kami memiliki pemahaman yang baik dengan Dorna. Kami akan melakukan pertemuan pada bulan Februari, mereka mengunjungi Finlandia sekali lagi dan kami akan membahas jadwal. Kami benar-benar senang dengan segala sesuatu yang mereka lakukan sejauh ini," kata manajer proyek Timo Pohjola di Autosport.

Finlandia sendiri pernah menjadi tuan rumah balapan motor grand prix antara tahun 1962 sampai 1982. Tapi, meski sudah mendapat angin, Pohjola memilih menunggu kesepakatan resmi dengan Dorna sebelum menegaskan apakah Finlandia akan benar-benar jadi tuan rumah MotoGP atau tidak.

3 Calon Potensial di Mata Dorna

Langkah Finlandia itu membuat niat Indonesia untuk menggelar MotoGP jadi mendapat saingan.

Seperti diketahui, Indonesia masih dalam tahap negosiasi dan persiapan surat-surat. Indonesia pun diberi tenggat waktu sampai akhir Januari ini untuk memberikan sejumlah dokumen yang diperlukan.

Menurut CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, Indonesia menjadi salah satu kandidat favorit karena di negara inilah pasar motor terbesar ke-3 berada. Selain dengan Finlandia, Indonesia akan bersaing dengan Thailand.

Masalahnya, saat ini MotoGP berlangsung sebanyak 18 seri dan Dorna sudah menyepakati dengan produsen dan tim independen bahwa MotoGP 2017-2021 akan dilakukan maksimum di 20 sirkuit.

Dengan begitu, menurut Crash, pada dasarnya ada 2 seri yang bisa ditambahkan. Dan pertanyaan lanjutannya, apakah itu akan diberikan untuk Indonesia dan Finlandia, atau malah Finlandia dan Thailand karena keduanya terhitung sudah lebih siap secara infrastruktur?

Siapakah yang akan dipilih oleh Dorna untuk menggelar MotoGP? Kita tunggu saja. [Syu/Idr]


Komentar