Indian FTR 1200 Siap Ganggu BMW R Nine T Share this
Motor Baru
Mode baca

Indian FTR 1200 Siap Ganggu BMW R Nine T

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 02 Oktober 2018

COLOGNE - Indian FTR 1200 dan FTR 1200 S bisa jadi sandungan bagi BMW R Nine T yang sudah eksis lebih dulu.

BMW R Nine T kedatangan pesaing baru di segmen retro modern. Dan ini datang dari Indian Motorcycles yang kembali berinovasi melalui peluncuran produk terbaru yakni Indian FTR 1200 dan FTR 1200 S. Jauh dari kesan tradisional, motor anyar ini justru mengambil segmen retro modern. Sementara konsep besarnya mengacu pada motor mereka di arena balap Flat Track.

Sejak 2016 lalu, Indian Motorcycles sudah terjun berkompetisi di American Flat Track bersama FTR 750. Motor tersebut diklaim begitu mendominasi di balapan tersebut. Namun, penggarapan FTR 1200 dan FTR 1200 S juga terinspirasi dari FTR 1200 Custom yang sempat ditampilkan pihak pabrikan tahun lalu.

Alhasil, motor ini pun menyajikan kolaborasi antara performa dan juga sajian fitur modern dari sebuah flat track. Motor ini dilengkapi dengan lampu utama LED, USB port untuk mengisi ulang smartphone, cruise control hingga tiga mode berkendara yakni Sport, Standard dan Rain.

Indian FTR 1200 dan FTR 1200 S

Paket yang dimiliki FTR 1200 S lebih lengkap. Pemilik varian ini mendapatkan suspensi full adjustable untuk bagian depan, suspensi belakang dengan piggy-back preload, kompresi dan rebound serta ride Command untuk informasi pada layar LCD sentuh 4,3 inchi yang bisa dikoneksikan via Bluetooth. Berikutnya, ada pula Lean-angle sensitive stability control, ABS traction control dan wheelie mitigation control untuk memudahkan pengendaranya.

Dengan begitu, pemilik Indian FTR 1200 dan FTR 1200 S tak akan kesulitan mengontrol motor di berbagai kondisi jalan lantaran traksi ban akan disesuaikan dengan mode berkendara tersebut. Kedua motor ini juga dibekali mesin V-twin berkapasitas total 1.203 cc dengan kemampuan mengeluarkan tenaga hingga 120 hp dan torsi 115 Nm. Kemampuannya ini lebih besar dari BMW R Nine T yang memiliki kapasitas mesin 1.170 cc.

"Visi kami dari awal adalah memberikan sesuatu yang lebih dari sekedar brand American V-twin. Dan, FTR 1200 merepresentasikannya strategi kami secara signifikan," kata Steve Menneto, Presiden Indian Motorcycles.

Indian FTR 1200 dan FTR 1200 S disebut menjadi model yang serius digarap. Setelah diputuskan menjadi produk massal, mereka yakin motor tersebut bakal dicintai pemotor di seluruh dunia dan akan membawa Indian menatap era baru. Kabar terakhir, kedua unit ini sudah bisa dimilik konsumen pada awal 2019 mendatang. [Ary/Ari]


Komentar