Indian Motorcycle Usik Singgasana Harley-Davidson dengan Pengembangan Baru Share this
Motor Baru
Mode baca

Indian Motorcycle Usik Singgasana Harley-Davidson dengan Pengembangan Baru

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 01 September 2018

MINNEAPOLIS - Indian Motorcycle menerapkan pengembangan terbaru pada model Chief, Springfield dan Roadmaster yang membuatnya lebih galak dan adem di jalanan.

Seperti diketahui, Indian Motorcycle baru saja memberikan opsi baru terhadap Indian Scout melalui warna baru dan USB charger. Kali ini, produsen motor asal Amerika Serikat tersebut juga melakoninya pada Indian Chief, Springfield dan Roadmaster.

Setidaknya ada empat poin ubahan baru yang membedakannya dengan generasi Chief, Springfield dan Roadmaster terdahulu. Pertama adalah ketiga model ini sekarang sudah mengaplikasi tiga mode berkendara yaitu Tour, Standard dan Sport. Model Tour memiliki karakter bukaan gas lembut dan cocok untuk berkendara santai.

Sementara Standard bukaan gas lebih responsif. Namun, penyaluran tenaganya seimbang. Pengendalian pada kecepatan lambat pun masih cukup baik. Sedangkan mode Sport diperuntukkan bagi mereka yang ingin merasakan keagresifan saat diajak berakselerasi.

Ubahan kedua cukup menarik karena semua mesin dengan kelengkapan Thunder Stroke 111 telah disemati fitur Rear Cylinder Deactivation. Apabila suhu mesin saat motor berhenti berada di atas 15 derajat celcius, maka silinder belakang akan non-aktif secara otomatis.

Mereka mengklaim teknologi ini akan membuat suhu panas yang keluar dari mesin akan berkurang. Hal ini tentu membuat pemilik motor Indian terhindar dari salah satu masalah utama motor bermesin V-twin. Selanjutnya, silinder belakang akan bekerja lagi saat gas dipuntir.

Pengembangan lainnya juga turut dilakukan, khususnya pada desain Roadmaster. Indian menyebut ubahan air flow pada model ini meningkatkan kenyamanan saat mengarungi perjalanan jauh.

Sebagai penunjang selama perjalanan, pihak Indian pun meningkatkan kualitas sistem hiburan terutama audio dengan penempatan tweeter terpisah dari speaker tengah guna mendapatkan suara lebih jernih.

Selain itu, pemilik juga bisa mengatur komposisinya yang sudah disesuaikan dengan kecepatan motor. Frekuensi maupun equaliser pun akan dimaksimalkan agar tidak terganggu dengan kebisingan suara jalan, angin hingga mesin.

Indian Motorcycle 2019

Penawaran lain yang juga disajikan Indian Motorcycle kepada konsumen adalah ketersediaan warna baru hingga aksesori demi memuaskan pemilik yang ingin menjadikan tunggangannya kian spesial di jalanan. Semua produk 2019 ini sudah bisa didapatkan pada Oktober 2018.

"Peningkatan untuk model 2019 ini merupakan wujud dari komitmen kami untuk mendengarkan pemotor dan terus meningkatkan pengalaman mereka terhadap produk kami. Kami juga fokus dengan teknologi baru sebagai bagian dari kualitas serta akan tetap ada di motor masa depan Indian," jelas Steve Menneto, President, Indian Motorcycle.

Yang menarik untuk disimak adalah persaingan Indian Motorcycle dengan Harley-Davidson. Akankah pengembangan baru ini menghangatkan persaingan kedua pabrikan motor asli Amerika Serikat? Nantikan kabar selanjutnya. [Ary/Ari]


Komentar