Modifikasi 'Nakal' Indian Scout Sixty Share this
Modifikasi
Mode baca

Modifikasi 'Nakal' Indian Scout Sixty

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 21 September 2018

SWANSEA - Indian Scout Sixty garapan MotoShed ini benar-benar mengubah image awal sang kuda besi yang identik sebagai motor santai.

Tentu ada alasan kenapa rumah modifikasi asal Inggris itu mengambil konsep Road Runner. Apalagi, motor ini sudah dibekali mesin berkapasitas 983 cc. Namun, bukan hal mudah bagi mereka karena butuh waktu setidaknya 100 jam untuk merealisasikan tampilannya seperti sekarang ini.

MotoShed mengubah posisi berkendaranya. Pada Indian Scout Sixty standar, posisi kaki berada di depan seperti cruiser umumnya. Sementara MotoShed mengubah foot step menjadi di belakang blok mesin.

Ini menunjang pengendaranya bisa berkendara lebih agresif di trek lurus maupun tikungan dengan penambahan ground clearence. Ditambah lagi, pihak bengkel mengganti suspensi belakang Scout Sixty berkarakter lebih keras.

Hal tersebut didukung pula oleh pengaplikasian setang fat bar lebih rendah. Sang pemilik juga dijamin tak akan kesulitan menjangkau setang. Itu karena MotoShed membuat jok lebih tinggi dari versi asli Scout Sixty.

Namun, keistimewaan modifikasi Indian Scout Sixty ini terletak pada dua pipa knalpot under tail. MotoShed mengaku knalpot di bawah jok ini adalah pekerjaan tersulit. Mereka harus mengontrol panas dan kotoran agar tidak berdampak kepada pengendara.

Selain memikirkan dengan benar jalur pipa dan memberikan cover pipa di dekat area mesin, MotoShed juga mengandalkan perangkat Dynojet Power Vision CX serta melakukan pemetaan ulang ECU. Hasilnya, akselerasi dan asupan bahan bakar Indian Scout Sixty lebih baik.

Selebihnya, MotoShed menambahkan ragam spare parts peruntukkan balap. Seperti tuas kopling dan rem dari Galfer, Suspensi belakang HyperPro dan aksesori berbahan serat karbon untuk menunjang kesan agresifnya. Spakbor depan juga diganti dengan bentuk minimalis. Sementara untuk bagian belakang justru ditanggalkan supaya lebih terlihat nakal. [Ary/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
Modifikasi 'Nakal' Indian Scout Sixty


Komentar