Victory Motorcycles Angkat Bendera Putih Share this
Berita Motor
Mode baca

Victory Motorcycles Angkat Bendera Putih

Denny Basudewa
pada 10 Januari 2017

Foto: Victory Empulse TT

IOWA – Polaris Industries mengumumkan segera menghentikan seluruh aktivitas Victory Motorcycles.

Victory Motorcycles sendiri diluncurkan pada 1997 dan hadir sebagai kompetitor Harley-Davidson. Dikatakan bahwa brand yang menawarkan sepedamotor jenis sport touring, heavy cruiser dan electric sportbikes ini mengalami masa sulit selama hampir 18 tahun.

“Ini merupakan keputusan sulit bagi saya, tim dan Polaris Board of Directors. Lebih dari 18 tahun, kami telah berinvestasi tidak hanya sumber daya, tapi hati dan jiwa, dalam membentuk merek Victory Motorcycles. Kami sangat bangga dengan apa yang kami capai selama ini,” jelas Polaris Industries Chairman dan CEO Scott Wine.

Isu utama yang membelit Victory disebut-sebut adalah Indian Motorcyles. Polaris sebagai induk perusahaan "menganaktirikan" Victory yang dianggap kurang menguntungkan secara bisnis. Sementara Indian Motorcycles yang dibeli sejak 2011 oleh Polaris melejit hingga menjadi produk terlaris kedua setelah Harley-Davidson.

Tahun lalu, Victory meluncurkan Empulse TT yang merupakan motor sports bertenaga listrik. Namun kuda besi tersebut kurang diterima pasar. Banyak orang mengatakan bahwa motor listrik kurang cocok dengan image Victory selama ini.

Kemudian Polaris meluncurkan Slingshot yang merupakan sepedamotor beroda tiga. Perlahan-lahan masalah yang dihadapi Victory layaknya bola salju. Brand tersebut semakin terpuruk dan susah bersaing di pasar. Hingga pada akhirnya muncul berita penutupan Victory.

Meskipun menyatakan menutup bisnisnya, Polaris akan membantu dealer dalam proses likuidasi barang-barang. Sementara itu mereka juga menjamin ketersediaan spare parts hingga 10 tahun ke depan. Mereka juga berkomitmen untuk terus menyediakan layanan servis untuk jangka waktu yang sama. [Dew/Ikh]


Komentar