Dovizioso Pecundangi Marquez di MotoGP Qatar 2019 Share this
MotoGP
Mode baca

Dovizioso Pecundangi Marquez di MotoGP Qatar 2019

Ary Dwinoviansyah
pada 11 Maret 2019

DOHA - Andrea Dovizioso membuktikan ketangguhannya dengan mempecundangi Marc Marquez di laga pembuka MotoGP 2019 di Sirkuit Losail, Qatar (10/3). 

Laga MotoGP Qatar 2019 benar-benar menyajikan tontonan menarik. Tentu saja mengenai para petarung di baris depan yang sedang berburu kemenangan di seri perdana. Dovizioso mampu menampatkan diri sebagai pemimpin rombongan. 

Ducati GP19 tunggangannya masih menjadi yang terbaik di trek lurus. Meski begitu, posisinya tak lantas aman karena Marquez bersama Honda RC213V juga tangguh di lintasan ini. 

Ini menyebabkan keduanya beberapa kali terlibat aksi saling serang untuk menjadi yang terdepan. Kondisi ini pun terjadi hingga putaran akhir di mana Marquez sempat mencuri posisi pertama dari Dovi di 2 lap tersisa. Tapi, pembalap Ducati Corse itu kembali mengambil alih di lap terakhir. 

Di sini, Marquez harus mengerahkan seluruh kemampuannya. Percobaan tersebut terus dijalankan hingga tikungan terakhir Qatar. Tapi, Marquez yang terlalu memaksa justru keluar dari racing line. 

Hal tersebut dimanfaatkan Dovi untuk mendahului Marquez, walau kemudian pembalap Repsol Honda itu berusaha menguntit Dovi agar bisa mendapatkan slip stream. Namun, kuda besinya kalah tipis dan membuat Marquez harus rela finish kedua.

Selain menjadi juara di awal musim, ini juga menjadi kemenangan kedua Dovi di Qatar setelah musim 2018. Sebelum mengangkat trofi di podium utama, Dovi menceritakan sedikit bagaimana strategi serta persaingan sepanjangan balapan.

"Saya tidak punya strategi yang bagus dan fokus menjaga ban belakang. Saya senang sudah mampu memberikan jawaban kepada Marquez karena dia benar-benar pada batas maksimal. Saya juga mencoba untuk menghentikan Alex Rins karena kecepatannya di tengah tikungan sangat baik," tutur Dovi.  

Di MotoGP Qatar ini, penampilan Rins terbilang memukau. Tak hanya menjadi penghias di baris depan, pembalap Suzuki Ecstar ini juga terlihat beberapa kali memimpin balapan. Walaupun, di trek lurus Suzuki GSX-RR miliknya masih kalah dari dua kompetitornya tersebut. 

Peran chassis dan elektronik yang mereka kembangkan sepertinya berpengaruh besar dengan penampilan Rins di balapan tadi. Sayang, Rins harus merelakan podium ketiga MotoGP Qatar kepada Cal Crutchlow setelah melakukan kesalahan di lap terakhir.

Setelah Rins, ada dua pembalap Monster Energy Yamaha yaitu Valentino Rossi yang menyelesaikan balapan di urutan ke-5. Disusul kemudian oleh Danilo Petrucci, Maverick Vinales, Joan Mir, Takaaki Nakagami dan Aleix Espargaro sebagai pelengkap pembalap yang finish di 10 besar. [Ary/Ari]


Komentar