Yamaha Menang Lagi di Suzuka 8 Hours Share this
Balap Lain
Mode baca

Yamaha Menang Lagi di Suzuka 8 Hours

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 30 Juli 2018

SUZUKA - Yamaha Factory Racing kembali mendulang kesuksesan di ajang Suzuka 8 Hours 2018, sekaligus memperpanjang rekor kemenangan mereka di balap ketahanan tersebut.

Persaingan ketat mewarnai perhelatan balap kategori ketahanan 8 jam di Sirkuit Suzuka, Jepang akhir pekan lalu (29/7). Tim pabrikan Red Bull Honda mengincar gelar tertinggi karena membekali pembalapnya dengan motor terbaru (Honda CBR 1000 RRW).

Selain itu, ada pula tim Kawasaki Green Team. Tim yang diwakili Jonathan Rea, Leon Haslam dan Kazuma Watanabe sudah unjuk gigi sejak kualifikasi dengan menempati pole position. Para penunggang Kawasaki ZX-10R itu juga terlihat mendominasi hampir di sepanjang balapan.

Namun, kesalahan besar dilakukan Jonathan Rea karena memaksakan melahap trek yang basah dengan ban slick. Alhasil, Rea terjatuh dan membuat posisinya tergusur karena tim harus melakukan beberapa perbaikan sebelum kembali masuk sirkuit dengan ban basah.

Kondisi ini dimanfaatkan pembalap Yamaha yang hanya mengandalkan Michael van der Mark dan Alex Lowes. Sementara Katsuyuki Nakasuga tidak disertakan karena mengalami cedera usai insiden di kualifikasi. Alex Lowes menjadi penentu kemenangan tim Yamaha yang mencatatkan waktu 8 jam 01,728 detik.

Sementara podium kedua menjadi milik trio Takumi Takahashi, Takaaki Nakagami dan Patrick Jacobsen dengan selisih 30,974 detik. Sedangkan tim Kawasaki Team Green harus puas menempati urutan ketiga dengan terpaut 1 lap.

Bagi Yamaha Factory Racing, ini adalah kemenangan keempat mereka sejak 2015 silam. Namun, bagi formasi Nakasuga, Lowes dan Van der Mark ini adalah gelar ketiga mereka sejak tergabung pada 2016 silam.

Catatan impresif juga diperlihatkan tim Honda Asia Dream. Tim yang diwakili oleh pembalap Indonesia yaitu Andi Gilanbg Izdihar ini mampu menyelesaikan balapan di tempat ketujuh bersama Zaqwan Zaidi (Malaysia) dan Troy Herfoss (Australia). [Ary/Ari]


Komentar