Lorenzo Tuntut MotoGP Qatar 2019 Digelar Lebih Cepat Share this
MotoGP
Mode baca

Lorenzo Tuntut MotoGP Qatar 2019 Digelar Lebih Cepat

Denny Basudewa
pada 28 Februari 2019

Foto: Jorge Lorenzo di tes pramusim MotoGP Qatar 2019

LOSAIL – Jorge Lorenzo menuntut penyelenggara MotoGP untuk memajukan jadwal balapan Qatar terkait keselamatan.

MotoGP Qatar diketahui selama ini selalu digelar pada malam hari. Balapan di sirkuit Losail ini sangat rentan dengan perubahan cuaca. Rendahnya temperatur trek pada malam hari menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap.

Lorenzo menjadi salah satu pembalap yang menginginkan jadwal balapan dimajukan setidaknya satu jam lebih cepat. Hal ini dikarenakan Ia mengalami kecelakaan ketika melakukan sesi tes di Qatar pekan silam. Pembalap Spanyol tersebut juga mengatakan banyaknya pembalap yang mengalami nasib sama.

“Saya mengalami kecelakaan karena suhu trek turun drastis pada malam hari. Kelembapan tinggi, sangat dingin dan banyak pembalap terjatuh. Oleh karena itu, saya ingin berbicara kepada Carmelo Ezpelata (CEO Dorna) untuk menggelar balapan satu jam lebih awal,” ujar Lorenzo.

Pembalap baru tim Repsol Honda tersebut masih beradaptasi dengan motor barunya. Honda RC21V yang Ia tunggangi tidak terlalu buruk pada sesi tes pramusim MotoGP Qatar. Ia berhasil meraih catatan waktu tercepat kelima di belakang Valentino Rossi dan rekan satu timnya Marc Marquez.

Hasil cukup positif yang didapatkan oleh Lorenzo sendiri tidak didapatkan dengan instan. Pada awal tes, pemilik nomor start 99 tersebut terseok-seok di posisi buncit. Namun perlahan-lahan, Lorenzo mampu tampil lebih baik keesokan harinya.

“Kami tidak memulai dengan memperhatikan set-up. Setelah kami melakukannya, kemudian hasilnya sangat meningkat bersamaan seiring saya berkendara lebih baik. Sekarang kami sudah sangat dekat dengan pembalap terkencang dan cukup puas,” jelas Lorenzo. [Dew/Ari]


Komentar