Lorenzo Minta Maaf Sebabkan Kecelakaan Beruntun Share this
MotoGP
Mode baca

Lorenzo Minta Maaf Sebabkan Kecelakaan Beruntun

Denny Basudewa
pada 17 Juni 2019

Foto: Jorge Lorenzo Minta Maaf di Paddock

BARCELONA – Jorge Lorenzo menjadi biang keladi dari kecelakaan beruntun pada MotoGP Catalunya 2019.

Pembalap Repsol Honda tersebut terjatuh dan menyebabkan setidaknya tiga pembalap lainnya terkena imbasnya. Andrea Dovizioso, Maverick Vinales dan Valentino Rossi gagal melanjutkan lomba akibat terseret manuver berbahaya dari Lorenzo.

Lorenzo yang memulai balapan dari posisi ke-10, tampil cukup impresif. Tidak butuh waktu lama, Ia sudah berhasil merangsek ke barisan terdepan. Namun saat hendak mengambil alih posisi ketiga dari Vinales, Ia kehilangan grip ban depannya.

Walhasil Lorenzo terjatuh dan motornya mendorong Dovi dan Vinales keluar dari lintasan. Rossi yang berada cukup dekat di belakang insiden tersebut, mencoba menghindar namun gerakan motor Honda RC213V milik Lorenzo memaksa The Doctor kehilangan keseimbangan lalu ikut terjatuh.

Para pembalap mencoba untuk kembali masuk ke dalam lintasan. Namun kerusakan yang dialami pada motor masing-masing, membuat mereka gagal melanjutkan balapan. Usai tiba di paddock, Lorenzo mengucapkan permintaan maaf kepada semua pembalap yang terlibat.

“Saya minta maaf kepada para pembalap yang terlibat (Dovizioso, Vinales dan Rossi). Di tikungan itu sangat sulit untuk tidak membuat kesalahan. Ini adalah salah saya, dan saya meminta maaf atas kejadian tadi,” ucap Lorenzo di paddock tim Repsol Honda.

Insiden yang disebabkan oleh Lorenzo memberikan berkah bagi para pembalap lainnya. Marc Marquez melaju sendirian tanpa perlawanan berarti seperti seri-seri sebelumnya. Sementara di belakangnya Petrucci berusaha keras menahan serangan dari Alex Rins dan Fabio Quartararo.

Apa yang dilakukan Lorenzo sangat ceroboh sehingga membuat para pembalap papan atas kehilangan poin. Ia sendiri bisa merangsek ke barisan terdepan setelah menyambangi markas Honda di Jepang untuk mengatasi masalahnya selama ini.

Sebelum balapan dimulai, Lorenzo juga sempat bersitegang dengan rekan satu timnya yakni Marquez. Ia dianggap menghalangi laju Marquez pada sesi FP3, Jumat (14/06/2019). Bahkan juara dunia musim lalu tersebut meminta panitia memberikan hukuman bagi Lorenzo. Ada apa Lorenzo? [Dew/Idr]


Komentar