Marquez Bela Lorenzo dan Sebut Hanya Apes Share this
MotoGP
Mode baca

Marquez Bela Lorenzo dan Sebut Hanya Apes

Denny Basudewa
pada 17 Juni 2019

Foto: Jorge Lorenzo di MotoGP Catalunya 2019

BARCELONA – Marc Marquez menanggapi insiden yang dialami para kompetitor termasuk rekan satu timnya Jorge Lorenzo.

Diketahui bahwa Lorenzo kehilangan grip ban depannya saat hendak mengambil alih posisi ketiga dari Maverik Vinales. Aksi berani yang dilakukan mantan pembalap Ducati tersebut, membuat tiga orang rider lain berjatuhan yakni Andrea Dovizioso, Valentino Rossi dan Vinales.

Apa yang dilakukan oleh Lorenzo dihujat banyak orang. Banyak orang mempertanyakan kenapa pembalap berjuluk Por Fuera tersebut melakukan hal yang merugikan banyak orang. Namun Lorenzo mendapat pembelaan dari rekan satu timnya yakni Marquez.

Rekan satu tim yang juga kompatriotnya tersebut mengatakan bahwa Lorenzo tidak hilang kendali. Pemegang juara dunia MotoGP musim lalu mengatakan bahwa Lorenzo berada di jalurnya, hanya saja mengalami kesialan sehingga kehilangan grip ban depannya.

“Jika melihatnya sekilas orang-orang akan mengatakan, ‘apa yang Lorenzo lakukan. Tapi bagi saya situasinya tidak seperti yang orang-orang bayangkan. Lorenzo berada di jalurnya. Sialnya dia kehilangan grip ban depan, sementara Dovi dan Vinales berada di bagian luar dan motornya menimpa mereka,” ucap Marquez.

Meskipun sebelum balapan Marquez sempat bersitegang dengan Lorenzo, hingga menuntut panitia memberikannya sanksi. Namun kali ini pembalap berjuluk The Baby Alien justru membela rekan setimnya.

Menurutnya insiden yang dialami Lorenzo kerap terjadi. Terlebih balapan baru berlangsung selama dua putaran, sehingga tangki bahan bakar masih terisi penuh. Maka dari itu kehilangan grip pada awal lomba sangat mungkin terjadi.

Pertanyaannya jika memang kejadian seperti kemarin merupakan hal yang mungkin terjadi, mengapa Lorenzo tampil terlalu ngotot di awal balapan. Dengan pengalaman yang dimiliki sang pembalap, tentunya Lorenzo akan lebih memperhitungkan kemungkinan tersebut.

Lorenzo dalam hal ini tidak sedang mempertaruhkan poin untuk menjadi juara dunia. Sejak awal musim, Ia terseok-seok dalam proses adaptasi dengan Honda RC213V. Setelah mengunjungi markas Honda di Jepang, Ia seperti mendapatkan pencerahan baru.

Meskipun Lorenzo tidak melakukan team order sekalipun, namun apa yang diperbuat kearin jelas membuat jarak poin antara Marquez dengan pembalap lainnya semakin menjauh. Marquez semakin kokoh di puncak klasemen sementara dengan raihan 140 poin. Sementara Dovi 103 poin dan Rins 101 poin. [Dew/Idr]


Komentar