Marquez Kembali Gagal Taklukkan Dovizioso Share this
MotoGP
Mode baca

Marquez Kembali Gagal Taklukkan Dovizioso

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 19 Maret 2018

LOSAIL - Marc Marquez kembali gagal taklukkan Andrea Dovizioso dan itu terjadi dalam perebutan juara MotoGP Qatar, Minggu (18/3/2018).

Pertarungan MotoGP Qatar menjadi milik Dovizioso dan Marquez. Dovi yang start dari grid kelima datang sedikit terlambat ke baris depan. Sementara, Marquez sudah sejak awal bertarung dengan Johann Zarco, Valentino Rossi hingga Danilo Petrucci.

Zarco tampak digdaya di seri pembuka ini. Selain mencatat rekor baru di Sirkuit Losail, penghuni pole position itu juga cukup lama bertengger di urutan depan selama balapan.

Rossi maupun Marquez juga belum mampu melakukan overtake maksimal. Namun, di lap 18 Dovi yang datang dari posisi 4 berhasil menyodok dan menggeser Zarco. Sementara Zarco pun dilewati dengan mudah oleh Marquez dan Rossi.

Dovi yang terlihat prima dengan Ducati Desmosedici GP18 mencoba untuk memberikan gap dengan Marquez. Akan tetapi, dia harus cerdas karena kompon ban (medium-soft) yang digunakannya terus berkurang. Sedangkan kondisi karet bundar Marquez pasti sedikit lebih baik karena memakai ban hard-soft.

Setelah coba menjaga jarak, pembalap Repsol Honda itu coba menyerang Dovi di tikungan terakhir. Sesaat, Marquez tampak berhasil. Akan tetapi, Dovi lebih jeli untui mengambil celah kerb paling dalam karena Marquez coba menutup racing line.

Dengan keunggulan motornya, Dovi terus melesat dan menyentuh garis finish dengan selisih 0,027 detik saja dari Marquez.

"Semuanya sudah saya lakukan dan coba menekan dengan 100 persen kemampuan saya karena ini adalah salah satu sirkuit tersulit. Saya sudah berada pada batas maksimal. Saya mendekat di tikungan terakhir dan walaupun sudah seperti itu Dovi masih bisa melewati saya. Suatu hari nanti, akan saya lakukan lagi," seru Marquez usai balapan.

Tahun lalu, keduanya juga sempat bertarung di last corner tepatnya di MotoGP Brno dan akhirnya dimenangkan Dovi. Menanggapi kemenangannya di seri pertama MotoGP 2018, rider Ducati Corse ini menyebutnya sebagai akhir pekan yang sempurna.

"Sangat sulit karena harus melawan Marquez lagi. Kami harus mengatur balapan dengan cara yang sempurna setelah start dengan buruk. Tapi, kami harus menang di sini setelah hanya finish kedua dan ketiga," ujar Dovi.

Sementara itu, hasil MotoGP Qatar juga membuat Rossi sumringah. Setelah mendapatkan perpanjangan kontrak 2 tahun dengan Yamaha, Rossi mempersembahkan trofi pertamanya di musim ini sebagai penghuni podium ketiga.

"Sebenarnya saya berharap lebih dari tahun lalu karena merasa nyaman dengan motor saat ini. Saya tahu Marquez dan Dovi sangat cepat. Saya coba mengeluarkan 110 persen kemampuan untuk tetap bersama mereka. Saya senang dengan hasil ini dan akan coba terus melanjutkannya," pungkas Rossi.[Ary/Ari]


Komentar