DFSK Glory 560, Medium SUV Lincah nan ‘Singset’ Share this
Berita Mobil
Mode baca

DFSK Glory 560, Medium SUV Lincah nan ‘Singset’

Denny Basudewa
pada 05 Mei 2019

Foto: DFSK Glory 560

JAKARTA – DFSK Glory 560 mengundang rasa penasaran banyak pengunjung Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Tidak hanya pengunjung, Otospirit.com juga merasa penasaran akan performa dari Medium SUV yang menjadi jagoan baru PT Sokonindo Automobile. Kendaraan yang mampu memuat 7-penumpang ini secara tampilan memang menggugah selera.

Adik dari Glory 580 ini memiliki bodi yang lebih ramping. Namun penggunaan mesin kedua sama persis yakni 1.5-liter dengan dukungan turbo. Kombinasi tersebut menghasilkan tenaga maksimal 147 hp pada 5.600 rpm. Sementara torsi puncaknya 220 Nm pada rentang 1.800 – 4.000 rpm.

Kami (Otospirit.com) berkesempatan untuk menguji kendaraan ini di luar arena test drive Telkomsel IIMS 2019. Kami mendapatkan unit dan mengujinya keluar dari JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Mesin dengan kode SFG15T-01 seolah mengajak kami untuk dibejek terus sejak awal mengendarai SUV satu ini.

Impresi pertama kami dengan DFSK Glory 560 nyaris sama ketika mengendarai pendahulunya yakni Glory 580. Karakter mesin kedua kendaraan bisa dibilang mirip-mirip karena jenisnya yang sama persis.

Namun pada Glory 560 seperti kami sebutkan di atas dimensinya lebih ‘singset’ atau langsing. Sehingga saat berakselerasi, kendaraan terasa lebih lincah dan ketika melakukan manuver mobil ini juga terasa lebih stabil.

Sudah menjadi ciri khas bahwa mobil yang mengandalkan turbo pada mesinnya, ketika kendaraan dipacu lambat akan terasa canggung. Turbo sendiri baru aktif ketika rpm mesin menyentuh angka 1.800. pada saat inilah berkendara akan terasa lebih mengusik adrenalin.

Kebetulan kami mencoba varian tertinggi dari mesin 1.500 cc yakni tipe L. Kendaraan yang dipasarkan dengan harga Rp 239 juta on-the road Jabodetabek ini menggunakan transmisi CVT dengan simulasi enam-percepatan.

Hasilnya perjalanan lebih nyaman tanpa adanya hentakan. Namun jika menggunakan mode berkendara tipe sport, tarikan mesin terasa lebih menyalak dan saat deselerasi juga demikian. Sekedar informasi kendaraan ini menggunakan penggerak roda depan.

DFSK Glory 560 memiliki bobot 2 ton lebih sedikit (2.005 kg), selisih sedikit dengan pendahulunya yang berbobot 2.035 kilogram. Kendaraan yang dikatakan menantang Honda HR-V, Toyota Rush dan Daihatsu Terios ini nampaknya cukup sepadan.

Fitur yang ditawarkan Glory 560 juga menjadi salah satu daya tarik calon konsumen, selain harga jual yang lebih adem di kantong. Lebih jauh Glory 560 diberikan garansi hingga 7 tahun atau 150 ribu kilometer. Memiliki Glory 560 ibarat kata hanya perlu membeli bahan bakar saja selama 7 tahun. [Dew/Idr]


Komentar