Canggih! Thailand Gunakan Robot Untuk Perangi Corona Share this
Gadget
Mode baca

Canggih! Thailand Gunakan Robot Untuk Perangi Corona

Ahmad  Richad
pada 24 Maret 2020

BANGKOK - Saat ini wabah virus corona (Covid-19) terus meluas di berbagai negara tak terkecuali Thailand. Berbeda dengan Indonesia, negara Gajah Putih tersebut punya cara canggih untuk mengatasi penyebaran virus corona.

Beberapa rumah sakit di negara tersebut telah memanfaat­kan robot untuk melakukan pengukuran suhu pasien. Hal ini tentu dapat mengurangi beban para pekerja medis yang kewalahan di tengah upaya memerangi penyebaran wabah virus corona. 

“Para robot ninja ini telah ditugaskan di 4 rumah sakit yang ada di Bangkok dan sekitarnya. Penggunaan robot tersebut dapat mengurangi risiko terinfeksi, dan memungkinkan perawat maupun dokter untuk berbicara dengan pasien Covid-19 via obrolan video,” kata Viboon Sangverap­hunsiri dari Chulalongkorn University.

Sebelumnya, para robot tersebut dibuat untuk memantau pemulihan pasien stroke, namun melihat maraknya perkembangan wabah virus corona, robot itu dirancang ulang agar bisa mengukur suhu badan seseorang.

Sangveraphunsiri juga menjelaskan bahwa saat ini mereka tengah mengembangkan robot model lain yang bisa melakukan tugas lebih berat seperti, memberikan makanan dan obat-obatan kepada pasien, serta dapat melakukan langkah-langkah des­infektan di ruang perawatan di rumah sakit.

Sebagai informasi, saat ini Thailand memiliki lebih dari 270 kasus Covid-19 dengan hanya satu kematian. Sebagian besar orang yang terinfeksi berhasil sembuh dan sebagian besar hanya memiliki gejala ringan atau sedang. [Ric/Idr]


Komentar