VW Kembangkan Robot Pengisian Daya Mobil Listrik Otomatis  Share this

VW Kembangkan Robot Pengisian Daya Mobil Listrik Otomatis 

Ahmad  Richad
oleh Ahmad Richad
pada 03 Januari 2020

WOLFSBURG — Volkswagen (VW) tengah mengembangkan robot pengisian daya otomatis untuk kendaraan listrik. Ini juga membuktikan keseriusan VW dalam menyambut masa depan yang semuanya menggunakan listrik sebagai energi utama.

Dilansir dari auto.ndtv, robot ini nantinya bisa dioperasikan melalui aplikasi khusus atau V2X communication. Bila diaktifkan, semua proses pengisian daya, mulai dari membuka penutup soket, pengisian, hingga menutup kembali bisa dilakukan tanpa adanya campur tangan manusia.

Selain memiliki sistem teknologi yang kompatibel V2X, robot ini juga dilengkapi dengan kamera. Ada juga pemindai laser dan sensor ultrasonik untuk mendukung fungsi otonomnya. 

“Robot pengisian ini akan memicu revolusi dalam hal pengisian daya di fasilitas-fasilitas parkir berbeda seperti multistorey, ruang parkir, dan tempat parkir bawah tanah, karena kami membawa infrastruktur pengisian daya ke mobil dan bukan sebaliknya,” kata Mark Mooler, selaku Kepala Pengembangan Volkswagen Group Components.

Dalam pengoperasinya Volkswagen mengklaim tidak akan rumit, nantinya robot ini akan bergerak membawa trailer berbentuk perangkat penyimpanan energi seluler ke kendaraan dan dapat menghubungkan ke kendaraan yang telah terdeteksi.

Setiap robot dapat membawa perangkat baterai dengan kandungan energi sekitar 25 kWh dan mendukung pengisian cepat DC hingga 50 kW. 

Untuk peluncurannya sendiri Volkswagen belum memberikan keterangan resmi, terkait waktu kapan robot ini akan diluncurkan.[Ric/Idr]


Komentar