BMW R18, Cruiser Eksklusif dari Bavaria Share this
Motor Baru
Mode baca

BMW R18, Cruiser Eksklusif dari Bavaria

Denny Basudewa
pada 04 April 2020

Foto: BMW R18

MUNICH – BMW Motorrad akhirnya secara resmi meluncurkan BMW R18 yang tampil serba eksklusif.

Pertama kali dipertontonkan pada ajang pameran Concorso d’Eleganza Villa d’Este, pabrikan asal Jerman tersebut membutuhkan waktu sekitar 10 bulan, menghadirkan versi jalanannya. Motor jenis cruiser ini masuk ke negeri Paman Sam dengan menawarkan gaya yang baru.

Motor yang desainnya terinspirasi dari R5 buatan 1936 ini mengusung mesin jenis Boxer, berkapasitas 1.802 cc dengan teknologi pushrod. Disebutkan bahwa kuda besi berkelir dominan hitam tersebut mampu menghasilkan letupan daya 91 hp dan torsi puncaknya mencapai 157 Nm pada 3.000 rpm.

Torsi yang dihasilkan BMW R18 sedikit lebih besar dari Harley-Davidson Milwaukee-Eight (145Nm), namun masih kalah dari Indian Chef (161Nm). BMW R18 diyakini bisa dipacu hingga kecepatan maksimum 180 km/jam, dengan akselerasi 0 -100 km/jam hanya 4.8 detik saja.

Motor ini dilengkapi dengan tiga mode berkendara yaitu Rain, Roll dan Rock (groan). Selain itu juga terdapat MSR yang mengatur agar perpindahan gigi lebih halus dan tidak mudah slip. Sebagai motor yang lahir dan sebagian besar akan bermukim di daratan Eropa, pihak pabrikan mengklaim akan melengkapinya dengan fitur penghangat grip, hill start assist dan paling penting adalah gigi mundur dibantu motor elektris. Namun jangan kaget jika fitur-fitur mendatang tersebut merupakan opsional.
Sebagai cruiser, BMW R18 memiliki bobot 345 kilogram. Lebih berat 23 kilogram daripada HD Fat Boy. Sementara jika dibandingkan dengan Indian Chief Dark Horse masih lebih ringan 8 kilogram.

BMW R18 juga ditawarkan dengan berbagai aksesori yang bisa membuat beda tampilan daripada konsumen lainnya. BMW paham betul memperlakukan para konsumennya dengan aksesori eksklusif dan mentereng.

Tidak hanya aksesori buatan pabrikan BMW sendiri, mereka juga menawarkan R18 hasil rancangan Roland Sands, Vance & Hines dan Mustang Seats. Hasil karya para desainer tersebut mampu membuat para pemiliknya tampil lebih eksklusif.

BMW R18 dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 291 juta untuk tipe standar. Sementara tipe First Edition untuk pasar Amerika Serikat dijual Rp 331 juta dan tipe yang sama untuk pasar Jerman Rp 380 juta. [Dew/Idr]


Komentar