BMW Big Boxer, Pesaing Harley-Davidson Share this
Berita Motor
Mode baca

BMW Big Boxer, Pesaing Harley-Davidson

Denny Basudewa
pada 10 Maret 2020

Foto: BMW R 18

MUNICH – BMW Motorrad memamerkan calon produk terbarunya yang sudah ditunggu-tunggu yakni R 18.

Sejatinya pada 3 April 2020, pabrikan motor asal Jerman tersebut akan menghadirkan R 18. Sebelumnya versi konsep kendaraan ini telah dipamerkan. Motor jenis cruiser ini menggunakan mesin boxer berkapasitas 1.800 cc. Calon produk baru Bavarian tersebut mengincar segmen Harley-Davidson dan Triumph.

“Kita semua di BMW Motorrad sangat menantikan penampilan perdana di dunia R 18 yang telah dinanti-nanti banyak orang di seluruh dunia. BMW Motorrad mencapai rekor penjualan untuk tahun kesembilan berturut-turut pada 2019,” ucap Dr Markus Schramm, Head of BMW Motorrad.

Dikatakan dengan hadirnya R 18 ke segmen cruiser, BMW ingin menunjukkan konsistensinya mengejar pertumbuhan penjualan. Target mereka tidak muluk-muluk, karena ingin menjadi produsen sepedamotor premium nomor satu di seluruh dunia.
BMW Motorrad juga menghadirkan mini site untuk menghitung mundur hingga tanggal peluncuran R 18. Segera setelah peluncuran, informasi tentang kendaraan meliputi foto, video hingga spesifikasi juga akan diumbar pada waktu yang telah ditentukan. Pabrikan motor asal Jerman ini juga akan menyiarkan prosesi peluncuran pada sosial media mereka.

R 18 menggendong mesin boxer nan legendaris yang menjadi ciri khas BMW Motorrad selama ini. Jantung mekanis ini dirancang ulang guna memberikan performa luar biasa. Namun mereka tetap mempertahankan bentuk unik mesin seperti pada era 1960-an.

Mesin dibuat dengan bahan dasar alumunium yang kemudian dilapisi krom sehingga bisa memantulkan benda yang berada di dekatnya. Sumber tenaga kendaraan tersebut ditopang dengan dua karburator Solex yang bentuknya mirip dengan produk BMW Motorrad pada 2002. [Dew/Idr]


Komentar