BMW Concept R18 Siap Tantang Triumph Bonneville Bobber Share this
Motor Konsep
Mode baca

BMW Concept R18 Siap Tantang Triumph Bonneville Bobber

Denny Basudewa
pada 26 Mei 2019

Foto: BMW Motorrad Concept R18

COMO – BMW Motorrad membuka selubung Concept R18 di acara Concorso d’Eleganza Villa d’Este.

Pabrikan asal Jerman tersebut mencoba untuk memadukan konsep motor tradisional dan modern melalui Concept R18. Kuda besi bergaya Cruiser merupakan hasil kustom ketiga BMW yang masih menggunakan mesin 1.800 cc Boxer.

“ Ini adalah motor impian. BMW Motorrad ingin menghadirkan sendiri motor cruiser besar yang emosional dan otentik,” ucap Markus Schramm, Head of BMW Motorrad.

R18 menggendong mesin boxer nan legendaris yang menjadi ciri khas BMW Motorrad selama ini. Jantung mekanis ini dirancang ulang guna memberikan performa luar biasa. Namun mereka tetap mempertahankan bentuk unik mesin seperti pada era 1960-an.

Mesin dibuat dengan bahan dasar alumunium yang kemudian dilapisi krom sehingga bisa memantulkan benda yang berada di dekatnya. Sumber tenaga kendaraan tersebut ditopang dengan dua karburator Solex yang bentuknya mirip dengan produk BMW Motorrad pada 2002.

BMW Motorrad Concept R18 tampil dengan baju serba hitam. Menjadi klasik dengan adanya tambahan garis putih dan pernis emas. Beberapa komponen yang membuat motor ini menjadi tampak modern seperti penggunaan suspensi belakang model monoshock dan lampu depan LED. Bentuk knalpot juga memberikan kesan modern pada motor ini.

“BMW Motorrad Concept R18 adalah respons terhadap kebutuhan yang meningkat bagi para pengguna sepedamotor kustom. Fokus dari pengembangan kendaraan ini adalah penyerderhanaan, keaslian, keaslian dan transparansi,” jelas Edgar Heinrich, Had of BMW Motorrad Design. [Dew/Idr]


Komentar