Harley-Davidson Kenalkan Mesin Baru Milwaukee Eight Share this
Berita Motor
Mode baca

Harley-Davidson Kenalkan Mesin Baru Milwaukee Eight

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 25 Agustus 2016

Foto: Mesin Milwaukee Eight untuk motor Harley-Davidson keluaran terbaru

WISCONSIN - Harley-Davidson terus mengutamakan kenyamanan berkendara kepada setiap pengendara motor buatan mereka. Guna mengakomodir keinginan konsumen, pabrikan asal negeri Paman Sam ini pun meluncurkan mesin baru yang disebut Milwaukee Eight.

Di samping meluncurkan mesin baru, raksasa produsen otomotif kuda besi ini juga memperbaiki bagian suspensi pada motor-motor yang menggunakan mesin baru tersebut.

Mesin "pembunuh" Milwaukee Eight sendiri tersedia dalam dua model dan dua pilihan kapasitas dan akan tersimpan pada motor-motor HD keluaran terbaru. Pertama mesin kapasitas 1.750cc yang akan disematkan pada Street Glide, Street Glide Special, Road Glide, Road Glide Special, Electra Glide Ultra Classic, Road King dan Freewheeler models (model roda tiga) yang mengadopsi pendingin udara.

Sementara untuk tipe mesin pendingin air akan digunakan Harley-Davidson Ultra Limited, Ultra Limited Low, Road Glide Ultra dan Tri Glide Ultra.

Mesin kedua adalah mesin kapasitas 1.870cc akan tersimpan untuk model new CVO Limited dan CVO Street Glide. Mesin-mesin masa depan ini memiliki bobot sama dengan model sebelumnya.

Kendati demikian (klaim) bergerak dari 0-100 kpj lebih cepat 11 persen untuk mesin 1.750cc, sementara untuk mesin kapasitas lebih besar, lebih cepat 12 persen. Kata ”Eight” berarti mesin V-Twin itu memiliki empat-katup per silinder, total berjumlah delapan-katup.

Perusahaan meyakini mesin ini minim getaran dan compact (ramping) sehingga menghasilkan kenyamanan berkendara di setiap kondisi lalu lintas. Keuntungan dari menyodorkan mesin baru dan seting ulang suspensi ini, diakui motor-motor lansiran HD akan lebih cocok untuk pengendara di Asia yang umumnya memiliki tinggi badan lebih rendah dibanding orang-orang Amerika.

Improvisasi dalam menciptakan motor seperti ini sangat-lah penting. Sebab, pasar HD kini mulai menggurita di sejumlah negara di Asia. Pemikiran pertama adalah bagaimana menciptakan sepedamotor yang tidak hanya cocok untuk pengendara pria, melainkan wanita merasa nyaman dengan rata-rata tinggi dan berat badan cenderung lebih rendah dibandingkan orang Amerika. [Ikh]


Komentar