Yamaha Mulai Berharap dari Folger Share this
MotoGP
Mode baca

Yamaha Mulai Berharap dari Folger

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 20 Februari 2019

SEPANG - Yamaha punya harapan baru dengan hadirnya Jonas Folger sebagai salah satu pembalap penguji mereka di MotoGP.

Keberadaan Folger di tim pabrikan Yamaha memberi angin segar, khususnya bagi para pembalap. Dengan begitu, ke depan Yamaha berpeluang menyaingi pengembangan Honda maupun Ducati.

Sebelum mundur dari MotoGP, Folger merupakan pembalap aktif. Dia juga mengetahui betul seperti apa kompetisi MotoGP sekarang ini. Sama seperti Cal Cruthlow yang bekerja sebagai test rider Honda. 

Folger pun sudah melakoni tugasnya pada tes pramusim MotoGP di Sepang, Malaysia. Lin Jarvis, Managing Team Principal Monster Energy Yamaha mengatakan Folger banyak memberi masukan untuk para insinyur Iwata. 

"Di awal dia belum nyaman. Jadi, kami memutuskan untuk meningkatkan pengaturan agar lebih sesuai dengannya. Setelah itu, dia langsung bisa memberikan masukan yang baik," kata Jarvis. 

Menurutnya, penyesuaian itu sangat penting mengingat test rider punya waktu lebih sedikit dalam melakukan pengujian. Untuk mendapatkan informasi yang benar, maka pencapaian lap time test rider harus bisa sedekat mungkin dengan pembalap utama. 

Hal tersebut memang sepenuhnya dilakukan Yamaha terhadap Folger. Namun, tujuan utamanya adalah mendapatkan informasi yang lebih banyak dari pembalap asal Jerman itu. 

"Kami tahu Folger bisa lebih cepat. Tapi, tugasnya di Sepang adalah melakukan banyak putaran untuk memberikan kami informasi," lanjut Jarvis. 

Selain itu, adanya Folger juga dianggap Jarvis menjadi jembatan antara pihak Jepang dan Eropa. Meskipun, dia mengatakan belum tahu apakah bakal berjalan lancar. Tapi, sejauh ini pihak Yamaha cukup senang dengan kinerja Folger. Bahkan, tidak menutup kemungkinan memberikan kesempatan kepadanya untuk turun sebagai wildcard. 

"Bila sepanjang tahun ada manfaat untuk membiarkan Folger mencoba beberapa hal di trek, maka kami akan memikirkannya. Harus dipahami pula keadaan dia dengan peran barunya. Tapi, sejauh ini kami masih senang. Selanjutnya, Kami juga akan melihat apa yang diberikan tim penguji untuk masa depan," papar Jarvis. 

Dengan kata lain Yamaha mulai bertumpu kepada Folger. Mereka pun mengaku masih akan mengubah banyak hal di tim penguji. Belum diketahui apakah Yamaha akan memensiunkan dua test rider Jepang mereka yaitu Katsuyuki Nakasuga dan Kohta Nozane. [Ary/Ari]


Komentar