Mantan Pembalap MotoGP Ini Terjun ke Moto2 Share this
MotoGP
Mode baca

Mantan Pembalap MotoGP Ini Terjun ke Moto2

Ary Dwinoviansyah
pada 11 Juni 2019

SEPANG — Mantan pembalap MotoGP, Jonas Folger akan melakoni balapan perdananya setelah pensiun di seri Moto2 Catalunya, Spanyol.

Salah satu tim Moto2 yaitu Petronas Sprinta Racing tengah mengalami krisis pembalap. Setelah pembalap utamanya yaitu Khairul Idham Pawi cedera, pihak tim memutuskan mengajak Mattia Pasini dengan harapan bisa mendulang poin untuk tim Malaysia tersebut. 

Namun, Pasini hanya bisa menjalani dua balapan saja (Moto2 Le Mans dan Mugello). Pembalap Italia ini tak mampu melanjutkan tugasnya karena mengalami cedera patah tulang selangka saat berlatih motocross di Italia. 

Tim Sprinta Racing pun akhirnya mengumumkan nama Folger sebagai pembalap pengganti. Alasan pemilihannya tentu saja tak terlepas dari pengetahuan Folger terhadap kuda besi tersebut.

Johan Stigefelt, Direktur Petronas Sprinta Racing Team mengatakan pengalamannya sebagai salah satu pengembang Triumph untuk Moto2 dapat menjadi nilai tambah bagi tim. Menurutnya ini penting karena persaingan di Moto2 sangat ketat.  

"Saya sangat bersemangat karena mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi lagi. Saya juga tidak sabar untuk kembali dengan motor ini serta merasakan lagi suasana balapan. Saat tes berjalan cukup baik dan rasa mesin Triumph lebih dekat dengan motor MotoGP. Kalex (sasis) juga menyenangkan untuk dikendarai karena gaya balapnya mirip dengan apa yang dipakai di MotoGP," papar Folger.

Folger juga cukup optimis menghadapi pertarungan akhir pekan ini karena Ia punya memori manis di Sirkuit Catalunya. Ditambah lagi, Folger sudah mengenal para awak dari tim di bawah komando Razlan Razali (Team Principal Petronas Sprinta Racing Team) tersebut.

"Saya punya beberapa teman baik di sana dan sangat menantikan untuk bekerja dengan mereka lagi. Saya juga punya kenangan positif di Barcelona karena pernah mendapatkan podium dan mencetak waktu tercepat di masa lalu. Sejujurnya, ini adalah salah satu trek favorit dan cocok dengan gaya balap saya," tambah Folger lagi.

Tidak hanya seri Catalunya, Folger juga didaulat untuk kembali membela tim ini pada perhelatan di Sirkuit Sachsenring, Jerman. Padahal, Pawi dijadwalkan sudah pulih usai Moto2 Catalunya. Namun, Sprinta Racing memilih untuk menggali lebih dalam lagi tentang karakter motor Triumph ini dari Folger. 

"Ini sebuah kesempatan luar biasa bisa bekerjasama dengan pembalap sekelas Folger. Dia akan membawa elemen penting untuk tim untuk menolong program Moto2 kami sembari menanti Pawi kembali. Kami tahu pengalamannya di MotoGP dan Kalex, ini menjadi nilai tambah. Kami ingin tim secepatnya tim ini kuat sampai Pawi kembali untuk memperlihatkan potensinya di Moto2. Kami tetap bekerja dengan Pawi sampai yakin dia akan beraksi lagi di waktu yang tepat," tutup Razali. [Ary/Idr]  


Komentar