Fairing Baru Ducati dan Yamaha Lolos Test Share this
MotoGP
Mode baca

Fairing Baru Ducati dan Yamaha Lolos Test

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 14 Februari 2019

SEPANG - Fairing yang teraplikasi pada tunggangan Ducati dan Yamaha pada tes pramusim di Sepang, Malaysia dinyatakan layak dipakai pada balapan MotoGP 2019. 

Sesi tes pramusim selalu dimanfaatkan tim dan pabrikan untuk melakukan pengembangan terhadap kuda besi. Termasuk pula upaya meningkatkan aerodinamika ketika dipacu di lintasan. Inovasi pun sempat muncul dari kubu Ducati dengan cara menambahkan item bernama winglet pada bagian fairing motor. Itu dianggap sukses mengatasi kelemahan Ducati saat menghadapi tikungan.

Namun, pihak MotoGP kemudian melarang penggunaannya karena dianggap membahayakan. Lalu muncul solusi dengan tujuan serupa dan fairing pada motor MotoGP pun boleh dimodifikasi. Hanya saja pihak pabrikan harus mendapatkan persetujuan dari penyelenggara balap terkait dimensinya. 

Hal tersebut pun kembali dilakukan saat tes pramusim di Sepang pekan lalu. Danny Aldridge, Direktur Teknis MotoGP menyetujui fairing yang tampaknya akan dipakai pada musim ini. 

"Fairing baru Ducati dan Yamaha seperti Anda lihat di Sepang telah diberikan label 'OK' dari saya," kata Aldridge. 

Persetujuan itu didapat setelah dia mengukur fairing yang diajukan tersebut dengan jig. Alat berupa pelat itu menjadi panduan untuk menetapkan ukuran fairing yang bisa dipakai oleh pabrikan nantinya.

"Fairing Yamaha juga diperiksa di jig dan ukurannya lulus. Mengenai fairing Ducati, mereka meminjamnya, tapi saya tidak tahu apakah pas," lanjut  Aldridge lagi. 

Tapi, mestinya Ducati sudah paham tentang ketetapan dari MotoGP terkait ukuran fairing yang sah. Jika tidak sesuai, maka mereka harus melakukan perubahan ukuran di tes pramusim Qatar. [Ary/Ari]


Komentar