Marquez: Aerokit Baru RC213V Mirip Punya Yamaha Share this
MotoGP
Mode baca

Marquez: Aerokit Baru RC213V Mirip Punya Yamaha

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 19 Mei 2018

MAINE - Marc Marquez mengaku aerokit baru yang dipakainya pada latihan MotoGP Le Mans (Perancis) berdampak positif, meski mirip dengan kepunyaan tim Yamaha.

Sejak free practice 1 (FP1), tim Repsol Honda terlihat sudah memakai aerokit baru pada tunggangan Marquez dan Dani Pedrosa. Sebelumnya, perangkat ini sudah sempat dijajal keduanya saat menjalani tes di Jerez (Spanyol) dan Mugello (Italia).

Namun, Marquez sepertinya lebih cocok dengan aerokit tipe A. Menurut dia model tersebut cocok untuk meningkatkan kinerja RC213V tungganganya.

"Saya mencoba banyak aero fairing, fairing yang berbeda dan ini adalah yang terbaik dan kami sebut tipe A. Bentuknya seperti milik Yamaha, tapi sedikit berbeda," ujar Marquez.

Dia menyatakan aerokit pilihannya ini bisa mendorongnya untuk menambah top speed, meredam gejalan wheelie dan kestabilan di tikungan. Sama pula dengan Pedrosa yang sebelumnya sempat terkendala dengan kondisi tersebut.

"Saya mencobanya di putaran terakhir latihan dan di sirkuit ini dengan banyak sekali wheelie, sangat membantu sekali," sahut Pedrosa.

Akan tetapi, baik Marquez maupun Pedrosa ternyata menggunakan aerokit yang berbeda. Marquez dengan model lebih besar, sementara Pedrosa mamakai ukuran paling kecil.

"Jika dibandingkan dengan teammate saya, dia menggunakan ukuran berbeda. Punyanya lebih kecil dan dia juga pakai fairing lebih kecil. Sedangkan yang saya gunakan sama dengan milik Cal Cruthclow. Hanya saja lebih besar. (aerokit) ini sangat bekerja dan saya merasa nyaman," pungkas Marquez.

Terlepas dari pengaplikasian aerokit baru tersebut, di sesi latihan kemarin (18/5/2018), Marquez tampil dengan catatan impresif. Meskipun, di sesi terakhir latihan, Andrea Dovizioso mampu mencatat waktu baru untuk Sirkuit Le Mans. Kontrak kerja baru bersama Ducati Corse untuk 2 tahun ke depan seakan menjadi 'doping' untuknya tampil maksimal akhir pekan ini. [Ary/Ari]


Komentar