Fairing Baru Tim Pabrikan Honda dan Yamaha Mengerikan Share this
MotoGP
Mode baca

Fairing Baru Tim Pabrikan Honda dan Yamaha Mengerikan

Denny Basudewa
pada 30 Januari 2018

Foto: Fairing baru Yamaha YZR-M1 Valentino Rossi

SEPANG – Valentino Rossi, Maverick Vinales, Dani Pedrosa dan Marc Marquez kedapatan tengah menguji coba fairing baru yang bentuknya cukup mengerikan.

Kami menyebutnya mengerikan, karena bentuk fairing motor keempat pembalap tersebut tidak lazim. Tidak seperti musim-musim sebelumnya, kali ini terdapat sayap dengan ukuran yang cukup besar.

Aerodinamis pada kendaraan tentu menjadi kunci dalam melakukan pengembangan di MotoGP. Oleh karena itu beberapa pembalap pabrikan khususnya, mencoba beberapa model sayap berbentuk aneh.

Seperti diketahui, MotoGP masih memberlakukan aturan mengenai sayap pada fairing. Seluruh tim dilarang menggunakan sayap dengan model terbuka. Sebagai gantinya mereka mengembangkan sayap model baru, agar tidak membahayakan pembalap lainnya.

Marquez dan Pedrosa terlihat menggunakan fairing model baru tersebut pada sesi tes di Sepang, Malaysia baru-baru ini. Ini merupakan pertama kalinya tim Repsol Honda tersebut menyematkan sayap berukuran besar.

Selain dua pembalap Honda tersebut, tim Movistar Yamaha juga terlihat melakukan uji coba pada motornya. Tim berkelir biru ini menggunakan berbagai model sayap, termasuk yang pernah digunakan pada musim balap 2016.

Baik Rossi maupun Vinales silih berganti mencoba berbagai model sayap. Paling menarik adalah sayap model semi kotak. Meskipun terlihat hanya sementara, namun peranti kecil itu memberikan banyak manfaat pada keduanya.

Terbukti atau tidak, Vinales dan Rossi berhasil mencatat waktu tercepat pada hari kedua sei tes pramusim MotoGP 2018. Sirkuit Sepang, Malaysia menjadi saksi bagaimana Yamaha melakukan sejumlah inovasi pada motor para pembalapnya. [Dew/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
Fairing Baru Tim Pabrikan Honda dan Yamaha Mengerikan


Komentar