Volkswagen ID. Space Vizzion, Crossover Ramah Lingkungan Share this
Berita Mobil
Mode baca

Volkswagen ID. Space Vizzion, Crossover Ramah Lingkungan

Ahmad  Richad
oleh Ahmad Richad
pada 22 November 2019

LOS ANGELES – Volkswagen (VW) akhirnya meluncurkan VW ID. Space Vizzion bertenaga listrik. Mobil ini sudah digadang-gadang dari tahun 2016 dan akhirnya menampakan wujudnya di Los Angeles Auto Show 2019.

Berawal dari sebuah mobil konsep bernama I.D. yang diumumkan di tahun 2016, Volkswagen terus mengeksplorasi gagasan-gagasannya terkait mobil masa depan. Dari situ konsep-konsep lainnya pun bermunculan, mulai dari I.D. Crozz bertipe SUV dan I.D. Buzz reinkarnasi modern VW Kombi.

VW ID Space Vizzion sendiri berkonsep "crossover ofomorrow", sebuah mobil yang menggabungkan karakteristik aerodinamis Gran Turismo dengan kelapangan sebuah SUV. Bahkan banyak yang menilai mobil ini terlihat lebih sporty daripada crossover.

Volkswagen ID. Space Vizzion memiliki pencahayaan full LED baik dari depan maupun belakang. Pada bagian sisi samping, Anda tidak akan menemukan pegangan pintu, karena mobil ini sudah menggunakan teknologi Keyless Advanced, jadi pintu mobil akan terbuka otomatis saat handphone (HP) pengguna mendekat, tanpa harus menggunakan remote control.

Masuk kedalam, semua informasi mengemudi akan ditampilkan melalui display Augmented Reality (AR), Layar sentuh 15,6 inch memberikan informasi dasar, while infotainment, comfort, online functions dan vehicle settings are grouped.

Untuk bagian performance, ID. Space Vizzion ditenagai oleh baterai lithium-ion 82 kWh, dengan output sekitar 275 hp dan torsi 550 nm.

Jika dirasa kurang, sumber tenaga 82 kWh bisa ditingkatkan menjadi 250 kW sehingga menghasilkan output 335 hp. Dengan tenaga sebesar itu, hanya butuh 5 detik saja untuk mencapai 100 km/jam. Sedangkan untuk pengisian daya ID Space Vizzion mampu mencapai 80 (82 kWh) persen dalam waktu 30 menit.

VW juga mengkonfirmasi bahwa ID Space Vizzion versi produksi dijadwalkan tiba di pasar pada akhir 2021. Dan dengan versi berbeda rencananya akan dijual untuk pasar Amerika Utara, Eropa dan Tiongkok. [Ric/Idr]


Komentar