Ford Mustang Mach-E 2020, SUV Bertenaga Listrik Share this
Mobil Baru
Mode baca

Ford Mustang Mach-E 2020, SUV Bertenaga Listrik

Ahmad  Richad
oleh Ahmad Richad
pada 21 November 2019

JAKARTA – Ford secara resmi meluncurkan produk terbarunya yaitu Mustang Mach-E, mobil bertenaga listrik ini memiliki model SUV yang diklaim bertenaga untuk bersaing dengan Porsche.

Sejak Mustang yang asli menguasai dunia pada tahun 1964, untuk pertama kalinya dalam sejarah Mustang selama 55 tahun, ada line up bertenaga listrik dalam model sebuah SUV, mobil ini terinspirasi dari pony car Mustang yang legendaris.

Bill Ford, Chairman Ford Motor Company mengatakan, pada Detroit Motor Show pertama, Henry Ford tengah mengerjakan sesuatu yang menyerang seperti kilat. Itu adalah Model T.

"Dan sekarang Ford dengan bangga memperlihatkan mobil yang juga akan menyerang seperti kilat juga, yaitu Mustang Mach-E. Mobil yang sangat cepat, kebebasan, untuk pemilik Mustang generasi baru," Tambah Bill.

Untuk sumber tenaga, Mach-E varian entry berpenggerak rear-wheel drive mengandalkan baterai 75,7 kWh dengan output tenaga sekitar 255 hp dan torsi 414 Nm. Sementara varian all-wheel drive dibekali torsi hingga 565 Nm.

Akan tersedia juga varian range extender yang mendapat tenaga 282 hp dan torsi 414 Nm untuk versi rear-wheel drive, dengan jarak tempuh maksimal 483 km. Kemudian untuk versi all-wheel drive bertenaga 333 hp dan torsi 565 Nm, dengan jarak tempuh sekitar 435 km.

Tidak ketinggalan, karena ber-DNA Mustang yang berorientasi performa, maka Ford juga menawarkan varian top of the line Mach-E GT bertenaga hampir dua kali lipat sebesar 459 hp dan torsi 830 Nm. Ford mengklaim varian ini punya kemampuan akselerasi 0-100 km/jam sekitar 3 detik. 

Ford kemudian melengkapi Mach-E GT dengan sistem infotainment canggih SYNC. Sistem komunikasi dan hiburan ini bisa langsung mengenali keinginan pengendara. Membuatnya bisa berperan sebagai sekertaris pribadi seperti mengingatkan penggunanya untuk nge-gym jika hari Senin adalah hari latihan atau menyarankan menelepon rumah jika sibuk di kantor seharian.

Mach-E GT juga memiliki teknologi Phone As A Key, membuatnya bisa terkoneksi dengan handphone (HP) pengguna lewat Bluetooth. Sehingga saat mobil mendeteksi HP pengguna kendaraan, pintu mobil otomatis terbuka, tanpa harus menggunakan remote control.

Menurut kabar yang beredar Mach-E dengan seluruh variannya akan mulai di jual Januari 2020. Sampai berita ini dibuat, Ford belum memberikan harga jualnya.  [Ric/Idr]


Komentar