Triumph Rocket 3 R dan Rocket 3 GT 2020 Siap Gilas Ducati Diavel Share this
Motor Baru
Mode baca

Triumph Rocket 3 R dan Rocket 3 GT 2020 Siap Gilas Ducati Diavel

Denny Basudewa
pada 02 Agustus 2019

Foto: Triumph Rocket 3

HINCKLEY – Triumph membuka selubung produk terbarunya yakni Rocket 3 R dan Rocket 3 GT yang siap meninggalkan Ducati Diavel.

Setelah sukses meluncurkan versi terbatasnya yaitu Triumph Rocket 3 TFC dengan 750 unit saja dan langsung ludes, kini pabrikan motor asal Inggris tersebut menghadirkan versi masalnya. Kedua varian kuda besi ini tampil lebih banyak fitur.

Ada dua versi Triumph Rocket 3 2020 — roadster R dan cruiser/tourer GT. Pada Rocket 3 R sandaran kaki posisinya lebih menjorok ke belakang sehingga membuat sudut yang nyaman menempuh perjalanan jauh. Sementara pada Rocket 3 GT sandaran kaki posisinya lebih mepet ke bagian depan.

Rocket 3 R mendapat bentuk alat kemudi yang lebih sporti, dibandingkan dengan setang gaya touring pada Rocket 3 GT. GT mendapat jok lebih luas, ketinggian tempat duduk mencapai 29,5 inci lebih rendah. Varian ini juga terdapat sandaran untuk penumpang yang ketinggiannya dapat disesuaikan. Flyscreen tipe GT sedikit lebih tinggi dan grip yang bisa dipanaskan.

Kedua versi datang dalam pilihan warna Phantom Black, dengan Rocket 3 R juga tersedia di Korosi Red dan Rocket 3 GT yang memiliki opsi Silver Ice & Storm Grey dua-nada yang mencakup stiker bergaris-garis Korosi Red. Ada juga beberapa perbedaan kosmetik tambahan, tetapi pada dasarnya kedua sepedamotor adalah sama.

Triumph Rocket 3 R dan GT masih mengandalkan mesin yang sama yakni 2458 cc DOHC tiga-silinder segaris. Bedanya output dari mesin lebih kecil dibandingkan varian TFC. Motor ini mampu menghasilkan daya lebih besar 165 hp pada 6.000 rpm. Sementara torsinya 221 Nm pada 4.000 rpm. Hasil ini sebenarnya sudah cukup untuk menumbangkan Ducati Diavel, namun sayangnya kapasitas mesin ini sepertinya terlalu besar untuk sebuah sepedamotor.

Mesin baru ini juga jauh lebih ringan sektar 18kg dan Triumph berhasil mencapainya dengan merancang rakitan kotak engkol baru, sistem pelumasan, dan poros penyeimbang. Secara keseluruhan, Rocket 3 baru pada kenyataannya lebih ringan 40 kg dari pendahulunya.

Beberapa fitur terkin yang melekat pada kendaraan ini meliputi TFT instrumen generasi terbaru, Cornering ABS, Optimised Cornering Traction Control, IMU (Inertial Measurement Unit), 4 Riding Mode (Road, Rain, Sport and Rider), Hill Hold Control, Cruise Control, Keyless ignition and Steering Lock, Haeted Grips dan USB Charging.

Sementara sebagai tambahan Triumph menawarkan fitur seperti Triumph Shift Assist, GoPro control system, turn-by-turn navigation system, My Triumph app, Integrated phone and music operation dann TPMS (Tire Pressure Monitoring System). [Dew/Idr]


Komentar